Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shopee Ajak Pelaku UKM untuk Tukar Pengalaman di Thailand

Kompas.com - 24/11/2018, 07:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

BANGKOK, KOMPAS.com - Perusahaan e-commerce Shopee mengajak para seller atau pelaku UKM pilihan untuk memperoleh pengetahuan bisnis dan tukar pengalaman di Shopee Thailand. Mereka pun bertemu dengan para penjual Shopee Thailand untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman.

Program Seller Exchange ini merupakan yang pertama kalinya digelar oleh Shopee. Kampus Shopee Indonesia bekerja sama dengan Shopee University Thailand. Sebanyak 7 orang pelaku UKM diberangkatkan ke Bangkok, Thailand untuk memperoleh pengetahuan bisnis onlne dan tukar pengalaman praktik bisnis terbaik dengan sesama pelaku UKM dari Thailand.

Program yang dimulai pada Kamis (22/11/2018) hingga Sabtu (24/11/2018) ini digelar guna mempersiapkan para pelaku UKM yang memanfaatkan platform Shopee untuk menyambut ajang pesta belanja Shopee 12.12 pada 12 Desember 2018 mendatang.

Baca juga: Festival Belanja Online 11.11, Shopee Catat Lebih dari 11 Juta Pemesanan

"Shopee melihat potensi pertumbuhan UKM yang sangat besar, baik di Thailand maupun di Indonesia yang juga memiliki peranan penting dalam menggerakkan bisnis di e-commerce," kata Marketing Manager Shopee Indonesia Monica Vionna di Kantor Shopee Thailand, Bangkok, Jumat (23/11/2018).

Monica menuturkan, program ini pun sekaligus mendukung potensi pelaku UKM Shopee. Caranya dengan memberikan pengalaman langsung untuk melihat pasar ritel dan pengalaman para penjual online di Thailand secara langsung, yang memiliki perilaku konsumen serupa dengan konsumen di Indonesia.

Baca juga: Produk UMKM Diberi Tempat Khusus di Shopee

Selama program ini, para peserta berkesempatan mempelajari persamaan dan perbedaan lingkup e-commerce di pasar Asia Tenggara. Mereka pun saling bertukar tips dan pengalaman bisnis mereka dengan sesama penjual.

"Kami berharap para penjual dapat terinsipirasi dan dapat mengaplikasikan pengetahuan yang didapat dari perjalanan ini sesampainya di Indonesia," sebut Monica.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com