Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

88 Persen Aliran Listrik Banten dan Lampung Sudah Pulih

Kompas.com - 25/12/2018, 12:39 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perbaikan aliran listrik di Banten dan Lampung yang terdampak tsunami sudah mencapai 88 persen. Untuk mempercepat proses pemulihan PT PLN (persero) telah menambah personil gabungan yang diterjunkan ke lokasi.

"Di Pandeglang dan Banten hingga pukul 11.00 WIB, Selasa (25/12/2018) PLN telah berhasil nyalakan 236 gardu dari 248 gardu distribusi yang padam. Sementara 12 gardu lainnya dinyalakan dengan genset PLN," ujar Executive Vice President Corporate Communication and CSR, I Made Suprateka dalam keterangan tertulisnya, Selasa.

Made menambahkan, upaya perbaikan 50 tiang transmisi juga terus dilakukan dengan mengerahkan 199 personil gabungan yang di datangkan dari Jakarta dan Jawa Barat. Saat ini tambahan 43 genset sudah tiba di posko Tarogong untuk segera didistribusikan ke daerah-daerah yang sulit diakses.

"Untuk mempercepat proses mendirikan tiang PLN juga telah mendatangkan 9 mobil crane dari Unit Induk jakarta raya dan Banten. PLN juga mengerahkan 31 pasukan mobil untuk mobilisasi tekhnis maupun non tekhnis," kata Made.

Baca juga: Jonan Instruksikan ESDM dan PLN Bantu Pemulihan Pasca-tsunami Selat Sunda

Made menuturkan, untuk di Lampung, dari 22 gardu padam, 20 gardu sudah berhasil dinyalakan. Targetnya, 2 buah gardu sisanya akan diselesaikan pada hari ini.

Secara pararel, PLN juga tengah memperbaiki 12 tiang baik yang roboh maupun patah akibat terjangan tsunami.

"Hambatan proses recovery yakni dikarenakan akses jalan yang masih dalam proses pembersihan pihak Pekerjaan Umum (PU)," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com