Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Sambut Baik Pemerintah Pasang Target Inflasi Rendah

Kompas.com - 16/08/2017, 18:01 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam Rancangan Undang-undang Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) Tahun 2018, pemerintah menargetkan inflasi indeks harga konsumen (IHK) akan berada pada kisaran 3,5 persen.

Bank Indonesia (BI) menyambut baik target pemerintah tersebut. Gubernur BI Agus DW Martowardojo menyatakan, saat ini inflasi diperkirakan berada pada kisaran 4 persen.

Adapun untuk tahun 2018 mendatang, inflasi ditargetkan mencapai 3,5 persen sesuai yang tertuang dalam nota keuangan RAPBN 2018.

"Itu adalah komitmen untuk kita menuju era inflasi yang rendah dan stabil," kata Agus di Gedung DPR/MPR, Rabu (16/8/2017).

(Baca: Presiden: Dampak Cuaca Jadi Risiko Inflasi)

Agus mengungkapkan, hingga saat ini pihaknya cukup senang dengan perkembangan inflasi. Pasalnya, perkembangan terakhir inflasi berada pada kisaran 3,88 persen secara tahunan (yoy).

Hingga pekan kedua Agustus 2017, inflasi IHK berada pada kisaran 0,02 persen. Hal ini didasarkan pada survei pemantauan harga (SPH) yang dilakukan bank sentral.

"Ini adalah sinyal bagus dari pengendalian inflasi. Kalau bisa terjaga rendah sampai akhir tahun tentu ini adalah suatu indikator ekonomi yang baik," terang Agus.

Dalam pidatonya, Presiden Joko Widodo menyatakan, target inflasi pada tahun 2018 akan didukung oleh perbaikan kapasitas produksi nasional. Perbaikan juga diharapkan terjadi pada stabilitas harga dan harga komoditas global.

Kompas TV Inflasi Rendah, Ekonomi Jakarta Melaju 6,1 Persen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com