Lantik Pejabat Baru, Mentan Minta Sektor Pangan Dikawal Ketat - Kompas.com

Lantik Pejabat Baru, Mentan Minta Sektor Pangan Dikawal Ketat

Kompas.com - 15/09/2017, 12:30 WIB
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman berbicara pada Pengukuhan Dewan Pengurus Pusat Masyarakat Perbenihan dan Perbibitan Indonesia (MPPI), di Auditorium Kementan, Jakarta pada Senin (21/8/2017).Humas Kementerian Pertanian Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman berbicara pada Pengukuhan Dewan Pengurus Pusat Masyarakat Perbenihan dan Perbibitan Indonesia (MPPI), di Auditorium Kementan, Jakarta pada Senin (21/8/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pertanian ( Mentan) Andi Amran Sulaiman melatik lima pejabat tinggi pratama atau Eselon II lingkup Kementerian Pertanian (Kementan).

Mentan mengatakan, persoalan pangan terus menjadi perhatian pemerintah, dengan itu dirinya meminta kepada seluruh jajaran pejabat Kementan untuk terus mengawal secara ketat produksi pangan baik tanaman pangan padi, jagung, kedelai, hingga hortikultura, cabai, dan bawang.

"Pangan harus dikawal ketat, tolong Dirjen Peternakan kawal program sapi bunting, Dirjen Tanaman Pangan kawal padi, jagung, Dirjen Hortikultura kawal bawang merah, dan bawang putih, ekspornya ditingkatkan," kata Amran di Auditorium Kementan, Jakarta, Jumat (15/9/2017).

Menurutnya, saat ini ada beberapa tantangan pada sektor pangan yang perlu diawasi dan dikendalikan dengan cepat dan tepat. Yakni persoalan kekeringan di sejumlah wilayah dan juga serangan hama wereng pada tanaman padi.

(Baca: Pujian Berbalik Gelar "Penyelamat Petani" untuk Mentan Amran)

 

"Serangan hama sudah mulai terkendali, kekeringan kami kendalikan dengan irigasi, pompanisasi, dan juga perbaikan waduk," kata Amran.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 572/KPTS/KP.230/9/2017 tentang pemberhentian, pemindahan, dan pengangkatan dalam jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan Kementerian Pertanian, Mentan melantik lima pejabat eselon II baru.

Adapun lima pejabat Eselon II yang dilantik, pertama, Direktur Perbibitan dan Produksi Direktorat Jendral Peternakan dan Kesehatan Hewan, Surachman Suwardi dilantik menjadi Sekretaris Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian.

Kedua, pelaksana Tugas Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner, Direktorat Jendral Peternakan dan Kesehatan Hewan, Syamsul Maarif dilantik menjadi Pejabat Sementara Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner, Direktorat Jendral Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Ketiga, Direktur Pengelolaan dan Pemasaran Hasil Tanaman Pangan, Yanuardi dilantik menjadi Direktur Perlindungan Tanaman Pangan, Direktorat Jendral Tanaman Pangan.

Keempat, Inspektur III Inspektorat Jendral, Widono dilantik menjadi Inspektur II, Inspektorat Jendral.

Kelima, Sekretaris Inspektorat Jendral, Bambang Pamuji dilantik menjadi Inspektur III, Inspektorat Jendral. 

Kompas TV Polisi termasuk satgas pangan wajib mengusut tuntas dugaan manipulasi harga beras agar tidak ada pihak yang dirugikan.


EditorAprillia Ika
Komentar
Close Ads X