Kompas.com - 02/10/2017, 06:56 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

WASHINGTON, KOMPAS.com - Departemen Perdagangan AS menyatakan pertumbuhan ekonomi mencapai 3,1 persen pada kuartal II 2017. Angka tersebut meningkat dibandingkan proyeksi sebelumnya yang mencapai 3 persen.

Mengutip BBC, Mingggu (1/10/2017), pertumbuhan ekonomi AS pun sebelumnya diproyeksi mencapai 2,6 persen pada periode tersebut. Para analis pun memandang, revisi ke atas pertumbuhan ekonomi AS tersebut mengejutkan.

Pasalnya, mereka memproyeksikan pertumbuhan ekonomi AS tidak mengalami perubahan.

Pemerintah AS menyatakan, revisi ke atas pertumbuhan ekonomi AS tersebut didorong oleh tingginya belanja konsumen dan belanja pemerintah. Pemerintah AS pun menyebut, pertumbuhan ekonomi AS saat ini adalah yang terpesat dalam dua tahun terakhir.

"Pertumbuhan (ekonomi AS) solid pada kuartal II 2017, namun ini terjadi setelah kuartal I 2017 yang cenderung lambat," ujar Gus Faucher, kepala ekonom PNC Financial Services Group.

Faucher menyebut, pertumbuhan ekonomi AS bergerak pesat antara 2 hingga 2,5 persen selama ekspansi ekonomi saat ini yang dimulai pada 2009.

"Laju ini di bawah (periode) ekspansi sebelumnya, sebagian karena perubahan demografi di AS, disebabkan pertumbuhan angkatan kerja yang melambat sejalan dengan pensiunnya generasi baby boomers," tutur Faucher.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BBC
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.