Kompas.com - 05/10/2017, 11:45 WIB
Ilustrasi uang SHUTTERSTOCKIlustrasi uang
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru-baru ini, nilai tukar rupiah sempat mengalami pelemahan terhadap dollar AS. Bahkan, pada pekan lalu, nilai tukar rupiah sempat menyentuh kisaran level Rp 13.500 per dollar AS.

Beberapa kalangan menyebut, pelemahan nilai tukar rupiah tersebut sepenuhnya disebabkan oleh faktor eksternal. Pasalnya, data-data perekonomian domestik dalam kondisi baik dan positif.

Kepala Ekonom dan Investment Strategist Manulife Asset Management Katarina Setiawan menyebut, sepanjang tahun berjalan 2017 rupiah stabil pada kisaran Rp 13.300 sampai Rp 13.400 per dollar AS.

Namun, beberapa hari menjelang akhir kuartal III 2017, rupiah melemah ke kisaran Rp 13.500 per dollar AS.

(Baca: Fundamental Ekonomi Indonesia Dukung Daya Tahan Rupiah)

"Hal ini terjadi setelah Presiden AS Donald Trump memaparkan rancangan reformasi perpajakan," ungkap Katarina dalam laporannya yang dirilis hari ini, Kamis (5/10/2017).

Katarina menuturkan, pihaknya memandang pelemahan nilai rukar rupiah tersebut bersifat sementara. Secara fundamental, imbuh dia, nilai tukar rupiah akan menguat dalam jangka panjang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Secara fundamental, nilai tukar rupiah akan menguat dalam jangka panjang, ditopang oleh neraca perdagangan yang baik, cadangan devisa kuat serta inflasi yang rendah," tutur Katarina.

Secara terpisah, Kepala Ekonom Danareksa Research Institute Damhuri Nasution menyatakan, pelemahan rupiah beberapa waktu terakhir bersifat sementara. Pada akhirnya, rupiah akan kembali menguat sesuai fundamentalnya. 

(Baca: BNP Paribas: Tak Perlu Khawatir Penurunan Rupiah Terhadap Dollar AS)

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.