Miliarder George Soros "Buang" Saham Apple dan Snap, Mengapa?

Kompas.com - 16/11/2017, 10:30 WIB
George Soros Thinkstock/Getty Images/Miguel VillagranGeorge Soros
|
EditorAprillia Ika

NEW YORK, KOMPAS.com - Perusahaan investasi milik miliarder dan investor kawakan George Soros melepas kepemilikan sahamnya di sejumlah raksasa teknologi Apple dan Snap pada kuartal lalu. Soros pun diketahui mengurangi kepemilikan saham pada Facebook dan Twitter.

Soros Fund Management, berdasarkan dokumen kepada regulator, menjual 1.700 saham Apple dan 1,55 juta saham Snap pada kuartal yang berakhir bulan September 2017.

Menurut dokumen Komisi Sekuritas dan Bursa Efek AS (SEC), ini menandai hilangnya kepemilikan saham Soros di kedua perusahaan teknologi itu.

Mengutip CNBC, Kamis (16/11/2017), kepemilikan saham Soros pada Apple memang relatif kecil. Pada penutupan perdagangan Selasa (14/11/2017) waktu setempat, saham Apple yang dimiliki Soros hanya bernilai 291.278 dollar AS atau setara sekitar Rp 3,9 miliar.

Baca juga : Soros: Krisis 2008 Bisa Terulang Lagi karena China

Namun, kepemilikan Soros pada saham Snap cukup signifikan. 1,55 juta saham yang dimiliki Soros bernilai 19,48 juta dollar AS.

Kinerja saham Snap memang di bawah ekspektasi setelah melantai di bursa AS. Saham Snap melemah sekitar 48 persen sejak melantai di bursa pada Maret 2017 lalu.

Soros juga menurunkan kepemilikan saham Facebook, yakni sebesar 367.262 saham. Namun demikian, Soros masih memiliki 109.451 saham jejaring sosial buatan Mark Zuckerberg tersebut.

Kepemilikan Soros pada Twitter pun dikurangi sebesar 5.700 saham. Dengan begitu. Soros masih mengantongi 18.400 saham Twitter.

Baca juga : iPhone X Diluncurkan, Saham Apple Tembus Rekor Tertinggi

Soros juga diketahui menaikkan kepemilikan sahamnya pada Microsoft sebesar 99.000 saham dan Amazon sebesar 2.500 saham.

Saham sektor teknologi memang berkinerja cukup baik tahun ini. Akan tetapi, sejumlah nama termasuk yang baru melantai di bursa seperti Snap cukup berdarah-darah mempertahankan kinerja sahamnya.

Kompas TV Saingi Chrome, Microsoft Luncurkan Windows 10 S




Sumber CNBC

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X