Kompas.com - 16/11/2017, 20:02 WIB
Dirut PLN Sofyan Basri sedang mengunjungi PLTU Teluk Balikpapan 2x100MW. Ia ditemani para pekerja PLTU saat menilik di dermaga sandar ponton batu bara di PLTU ini. KOMPAS.com/Dani JDirut PLN Sofyan Basri sedang mengunjungi PLTU Teluk Balikpapan 2x100MW. Ia ditemani para pekerja PLTU saat menilik di dermaga sandar ponton batu bara di PLTU ini.
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.comPLN mengumumkan bahwa perubahan golongan tarif listrik tidak wajib dilakukan pelanggan. Rencana perubahan dari golongan tarif 1.200 VA, 2.200 VA, 3.300 VA, dan 4.400 VA menjadi 5.500 VA itu hanya diberikan jika pelanggan mengajukan permintaan.

"Soal penyederhanaan tarif, masih ada yg dalam bahasan, belum diputuskan. Kalau disetujui kemungkinan tahun depan," ucap Direktur Utama PLN Sofyan Basir dalam konferensi pers di Grand Hyatt Jakarta, Kamis (16/11/2017).

Dia mengatakan, rencana perubahan tersebut digodok demi kepentingan pelanggan sendiri. Hal itu terutama agar pelanggan yang ingin menaikkan golongan tarif listrik tidak harus mengeluarkan biaya besar.

Misalnya dari 1.300 VA mau dilebihkan sedikit 1.500 VA untuk bisa nambah AC atau kulkas, tidak perlu lagi membayar biaya tambahan mahal. Daya yang mencapai 5.500 VA itu justru berlebih dan bisa digunakan atau tidak digunakan, sesuai kebutuhan.

Baca juga: Penyederhanaan Golongan Listrik, Jonan Minta PLN Survei Masyarakat

"Karena ganti golongan kan mahal, kadang-kadang ada calonya lagi. Kalau dengan rencana ini, perubahan bisa dilakukan tanpa biaya, tarif tidak ada kenaikan apa pun, abodemen tetap. Tidak ada formula baru atau pemakaian minimal," imbuhnya.

Sebelumnya, sempat disebutkan bahwa PLN berencana menghapus golongan tarif 900 VA (non-subsidi), 1.300 VA, 2.200 VA, 3.300 VA menjadi 4.400 VA. Rencana itu kemudian dikoreksi dengan rencana berikutnya untuk hanya menghapus golongan tarif 1.300 VA, 2.200 VA, 3.300 VA, dan 4.400 VA menjadi 5.500 VA.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perubahan ke golongan tarif yang lebih besar itu dijanjikan tidak akan memungut biaya tambahan, tak ada kenaikan tarif, serta tak ada perubahan abodemen.

Baca juga: Jonan: Peningkatan Daya Listrik, Enggak Ada Biaya Apa-apa

Kompas TV Daya Listrik Naik, Masyarakat Menjerit?
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.