Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepada Jokowi, Bank Dunia Prediksi Pertumbuhan Ekonomi RI 5,3 Persen

Kompas.com - 21/11/2017, 18:36 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Kepala Perwakilan Bank Dunia di Indonesia Rodrigo Chaves di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (21/11/2017).

Kepada wartawan, Presiden Jokowi menjelaskan, pertemuan tersebut dimaksudkan untuk meminta pandangan Bank Dunia tentang outlook perekonomian Indonesia.

"Saya kira dari masukan seperti itu, dari lembaga mana pun, saya kira penting bagi kita untuk terus memperbaiki dan membenahi hal yang kurang," ujar Jokowi, usai pertemuan.

Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk  Indonesia Rodrigo Chaves menilai, Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai proyeksi cukup baik dalam hal pertumbuhan ekonomi.

Bank Dunia memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia akan tumbuh lebih baik pada 2018. Bahkan, pertumbuhannya lebih baik dibandingkan Meksiko dan Brazil.

"Kami proyeksikan, pertumbuhan ekonomi Indonesia 2018 mencapai 5,3 persen," ujar Chaves.

(Baca juga: Optimisme Pemerintah Lampaui Proyeksi IMF dan Bank Dunia...)

Presiden Jokowi dan Chaves juga membahas sejumlah gagasan dalam meningkatkan investasi di dalam negeri. Tak hanya modal untuk industri, tapi juga investasi yang bisa diberikan kepada masyarakat.

Dalam pertemuan itu, Presiden Jokowi didampingi Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Kepala BKPM Thomas Lembong.

Adapun, delegasi yang dibawa Chaves antara lain, Lead Economist Frederico Gil Sander, Program Leader for Sustainable Development Taimur Samad, Program Leader for Human Development Camilla Holmemo, Program Leader for Equitable Growth, Finance & Institutions Yongmei Zhou.

Kompas TV Arti Pertemuan Presiden Jokowi dan Presiden Bank Dunia
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com