Generasi Milenial Lumrah Gonta-Ganti Pekerjaan?

Kompas.com - 22/11/2017, 15:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Generasi milenial saat ini telah masuk dalam angkatan kerja. Mereka adalah generasi yang berusia sekira 18-36 tahun ini adalah generasi yang dinamis, melek teknologi, dan senang dengan perubahan.

Hal ini pun tercermin dalam pola mereka dalam bekerja. Perusahaan perekrutan profesional internasional Robert Walters menyatakan, bukan hal yang mengherankan apabila generasi milenial kerap pula berpindah-pindah pekerjaan.

"Milenial 2-3 kali lebih banyak ganti pekerjaan dibanding generasi sebelumnya," ujar Country Manager Robert Walters Indonesia Rob Bryson dalam media briefing Salary Survey 2018 di Jakarta, Rabu (22/11/2017).

Bryson menuturkan, generasi "zaman now" tersebut cenderung kurang memiliki konsep loyalitas terhadap perusahaan. Hal ini jelas berbeda dibandingkan dengan generasi-generasi sebelumnya yang telah lebih dulu masuk ke angkatan kerja.

Baca juga : Kesalahan Generasi Milenial soal Kartu Kredit

Bandingkan semisal dengan generasi baby boomers maupun generasi X. Mereka cenderung loyal terhadap perusahaan, serta enggan berganti pekerjaan kecuali ada kondisi yang memaksa.

"Bagi mereka (generasi milenial) adalah tentang pengalaman," jelas Bryson.

Ia memberi contoh, seorang pegawai generasi milenial bekerja di sebuah perusahaan. Selama bekerja, sang pegawai telah memperoleh pengalaman yang cukup berharga baginya.

Dengan begitu, ia bisa saja merasa bosan dan kemudian pindah setelah 6 bulan atau setahun bekerja. Setelah itu, ia mencari pekerjaan dengan manfaat yang lebih tinggi setelah memperoleh pengalaman.

Kompas TV Riset jobplanet menunjukkan, generasi milenial memiliki tingkat kesetiaan yang lebih rendah dibanding generasi sebelumnya.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.