Sri Mulyani: Presiden Jamin Pembangunan Tak Terganggu Tahun Politik

Kompas.com - 18/12/2017, 14:16 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meyakinkan investor bahwa pemerintahan akan terus fokus menjalankan program-program pembangunan meski tahun depan sudah memasuki tahun politik. Disebut tahun politik karena akan ada 171 Pilkada serentak yang digelar sekaligus sebagai masa persiapan untuk Pilpres 2019 yang akan datang.

"Downside risk mengenai ketidakpastian diharapkan akan hilang karena Presiden menjamin dalam situasi siklus politik seperti ini, seluruh jajaran pemerintahan akan bekerja fokus dan komit menjalankan program-program pembangunan pemerintah," kata Sri saat menjadi pembicara dalam acara Investor Gathering di gedung Kementerian Keuangan, Senin (18/12/2017) siang.

Menurut Sri, waktu yang bertepatan dengan Pilkada Serentak justru berpotensi meningkatkan geliat ekonomi dalam negeri, terutama dalam hal konsumsi. Hal itu dikarenakan akan terjadi banyak transaksi dan mobilisasi dari maraknya kegiatan politik di berbagai daerah yang berujung pada peningkatan konsumsi masyarakat.

Selain dari Pilkada, geliat ekonomi juga akan didorong oleh pelaksanaan Asian Games yang jaraknya berdekatan dengan Idul Fitri tahun depan. Menurut Sri, momen Asian Games serta Idul Fitri sama-sama jatuh di semester II atau awal kuartal III 2018.

Baca juga: Menurut Sri Mulyani, Ini yang Harus Diwaspadai Investor Tahun 2018

"Kalau lihat siklus Idul Fitri yang maju 11 hari, jatuh pada awal Juni, maka awal semester II atau kuartal III, kita akan dapat push dari belanja begitu banyaknya hadirin yang datang ke Indonesia untuk lihat Asian Games," tutur Sri.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X