Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setahun, OJK Malang Terima 328 Aduan Keuangan

Kompas.com - 22/12/2017, 12:43 WIB
Andi Hartik

Penulis

 MALANG, KOMPAS.com - Angka pengaduan terkait keuangan di wilayah Malang dan sekitarnya masih cukup tinggi. Sepanjang Tahun 2017, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Malang menerima sebanyak 328 aduan.

Terdiri dari 193 aduan secara langsung, 118 aduan melalui surat dan 17 aduan melalui sambungan telepon.

Kepala OJK Malang, Widodo mengatakan, aduan terbanyak terjadi pada sektor perbankan. Seperti kredit atau pembiayaan dan agunan. Selain itu juga pada sektor pembiayaan leasing.

Rata - rata, mereka yang melakukan pengaduan hanya karena salah paham. Ada persyaratan di antara kedua belah pihak yang tidak dipahami terlebih dahulu namun ditandatangani.

Baca juga : OJK: Peringkat Dinaikkan, Investor Makin Yakin Investasi di Indonesia

"Akhirnya begitu bermasalah, ngakunya dulu tidak dikasih tahu. Hal seperti ini yang banyak terjadi. Tidak dipahami apa yang ditandatangani," kata Widodo di Hotel Tugu, Kota Malang, Kamis (21/12/2017) malam.

Sementara itu, jumlah pengaduan tahun ini lebih tinggi dibandingkan dengan jumlah pengaduan pada tahun sebelumnya. Widodo menyebutkan, naiknya jumlah pengaduan karena masyarakat semakin paham dengan fungsi OJK.

"Kalau tahun lalu mungkin orang tidak mengerti sehingga tidak mengadu ke OJK. Sekarang semakin banyak yang tahu jadi semakin banyak yang ke OJK," ungkapnya.

Sekedar untuk diketahui, OJK Malang membawahi daerah Malang Raya (Kota Malang, Kota Batu dan Kabupaten Malang) serta Kota dan Kabupaten Pasuruan dan juga Kota dan Kabupaten Probolinggo.

Kompas TV Suka bunga perbankan dirasa makin tinggi, rumah pun makin sulit dimiliki.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com