Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendag: Pilkada 2018 Bakal Dorong Perdagangan

Kompas.com - 04/01/2018, 15:26 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita meminta masyarakat yang bekerja di sektor perdagangan tidak perlu khawatir adanya ajang politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak.

Menurut dia, Pilkada bakal mendorong kenaikan perdagangan dan perekonomian. Karena, dalam Pilkada pasti banyak calon-calon yang memesan asesoris kampanye dan keperluan logistik lainnya.

"Ini tahun politik, uang beredar banyak. Jadi perdagangan tidak perlu khawatir, baik dari uang kumpul, cetak kaos, sablon, orang ngumpul pasti sediakan makanan. Jadi peningkatan ekonomi di daerah pasti meningkat," ujar dia dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Perdagangan, Kamis (4/1/2018).

Walaupun ada kenaikan Enggartiasto tetap mengawasi perdagangan saat Pilkada. Karena banyaknya uang beredar sangat rentan terjadi inflasi.

Oleh karena itu, Mendag menyiapkan strategi untuk menekan inflasi tersebut. Salah satunya, dengan menekan harga bahan pokok dengan penerapan Harga Eceran Tertinggi (HET).

Saat ini, pihaknya telah menerapkan HET pada empat bahan pokok yakni, beras, gula, minyak, dan daging sapi.

Enggar juga mengungkapkan, pihaknya berhasil mengendalikan inflasi pada tahun 2017 sebesar 3,6 persen. Raihan tersebut dibawah dari proyeksi APBN-P 2017 sebesar 4,3 persen.

"Pada 2018 ini kami akan lebih ketat lagu kendalikan itu (bahan pokok). Dan tidak akan biarkan kenaikan yang berlebihan. Kami pasti akan isi dari supply dan demand. Tugas kami melayani dan memperhatikan betul masalah ini," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com