Kompas.com - 15/01/2018, 14:44 WIB
Penandatanganan MoU yang dilakukan oleh Direktur PT BIJB AD Alfiansyah dan Direktur Operasional II Wika Destiawan Soewardjono di Grand Hotel Preanger, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Senin (15/1/2018). PT WIKA dan BIJB AD akan menggarap kawasan Logistic Hub di kawasan bandara yang terletak di Kertajati, Majalengka, Jawa Barat. KOMPAS.com/Putra Prima PerdanaPenandatanganan MoU yang dilakukan oleh Direktur PT BIJB AD Alfiansyah dan Direktur Operasional II Wika Destiawan Soewardjono di Grand Hotel Preanger, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Senin (15/1/2018). PT WIKA dan BIJB AD akan menggarap kawasan Logistic Hub di kawasan bandara yang terletak di Kertajati, Majalengka, Jawa Barat.
|
EditorErlangga Djumena

BANDUNG, KOMPAS.com - PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Aerocity Development menjalin kerja sama dengan PT Wijaya Karya (Wika) Tbk untuk melakukan pengembangan kawasan Aerocity.

Kerja sama tersebut disepakati melalui penandatanganan MoU yang dilakukan oleh Direktur PT BIJB AD Alfiansyah dan Direktur Operasional II Wika Destiawan Soewardjono di Grand Hotel Preanger, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Senin (15/1/2018).

Dalam kerjasama tersebut PT WIKA dan BIJB AD akan menggarap kawasan Logistic Hub di kawasan bandara yang terletak di Kertajati, Majalengka, Jawa Barat.

"Dengan adanya penandatanganan ini kami mempunyai optimisme yang tinggi bahwa dengan adanya kerja sama dengan Wika pengembangan aerocity ke depannya akan lebih mudah," kata Alfiansyah.

Baca juga : Beroperasi 2018, Bandara Kertajati Gandeng Berbagai Maskapai

Lebih lanjut Alfiansyah menjelaskan, Kertajati Aerocity akan mengusung konsep kawasan aerotropolis. Ke depannya kawasan ini diprediksi menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi baru di Jawa Barat, khususnya di kawasan utara dan timur Jawa Barat.

Kedudukan Aerocity kata Alfiansyah, berada dua kilometer dari area Bandarudara Internasional Jawa Barat Dengan luas mencapai 3.480 hektare atau dua kali lipat dari luas bandara. Kawasan khusus ini akan terbagi ke dalam enam klaster yakni Aerospace Park, Logistic Hub, Creative Technology Center, Business Park, Energy Center dan Residential Area.

BIJB AD bersama WIKA yang berpengalaman di bidang infrastruktur dan pembangunan nantinya akan mengembangkan klaster Logistic Hub yang diproyeksika menjadi pusat logistik baru di Indonesia.

"WIKA merupakan mitra strategis kami khususnya untuk pengembangan klaster Logistic Hub. Dengan keahlian serta pengalaman yang dimiliki WIKA ini akan dengan mudah mengembangkan kawasan aerocity," sambungnya.

Di tempat yang sama, Direktur BIJB Virda Dimas Ekaputra mengatakan, kerja sama antara BIJB AD dengan WIKA bakal menjadi akselerasi tumbuhnya kawasan baru dalam pengembangan bisnis jangka panjang.

Dengan hadirnya sejumlah mitra dalam pengembangan aerocity, kata Virda, diharapkan bisa selaras dalam mendukung kebutuhan penunjang beroperasinya Bandara Kertajati pada pertengahan 2018 ini.

"Kami sangat mendukung kerja sama ini karena aerocity ini memang merupakan pengembangan yang membutuhkan banyak mitra. Dengan kerja sama ini kita berharap aerocity di Kertajati bisa benar-benar menjadi mesin yang mengakselerasi perekomonian daerah, yang mana ini sangat relevan dengan hadirnya Bandara Kertajatii yang akan kita soft launching April dan beroperasi penuh Juni 2018," paparnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.