Tagihan Kartu Kredit Rp 1 Miliar dan Baling-Baling Helikopter Jadi Mainan Bocah Papua, 5 Berita Populer Ekonomi

Kompas.com - 06/02/2018, 08:24 WIB
EditorErlangga Djumena

KOMPAS.com -  Kewajiban perbankan untuk melaporkan data transaksi kartu kredit nasabahnya kepada pemerintah dalam hal ini Direktorat Jenderal Pajak menjadi salah satu topik yang dicari pembaca.  Beberapa artikel mengenai hal ini pun menjadi berita yang paling populer.

Berita terpopuler lainnya adalah mengenai merger perusahaan asuransi AXA Life Indonesia dengan AXA Financial Indonesia  hingga tanggapan Kemenhub soal viral video baling-baling helikopter yang dijadikan ayunan oleh bocah-bocah di Papua.

Berikut 5 berita populer Ekonomi:

1. Ini Nilai Tagihan Kartu Kredit yang Wajib Dilaporkan ke Ditjen Pajak

Kementerian Keuangan (Kemkeu) telah mengeluarkan PMK 228/PMK.03/2017 sebagai pengganti PMK Nomor 16/PMK.03/2013 dan perubahannya. Di dalamnya, Ditjen Pajak meminta perbankan untuk menyerahkan data transaksi kartu kreditke pemerintah.

Seperti dikutip dari Kontan.co.id, Senin (5/2/2018), Direktur P2 Humas DJP Hestu Yoga Saksama mengatakan bahwa kewajiban penyampaian data kartu kredit oleh perbankan/penyelenggara kartu kredit kepada DJP akan diatur. Namun, belum terang dalam bentuk apa aturan itu akan terbit, apakah dengan revisi PMK atau lewat instrumen lainnya.

Dia mengatakan agar konsisten dengan penerapan UU Nomor 9 Tahun 2017 tentang Akses Informasi Keuangan untuk Tujuan Perbankan, aturan pelaksanaan penyampaian data kartu kredit tersebut akan mencakup beberapa poin.

Pertama, wajib disampaikan hanya untuk total pembelanjaan (tagihan) paling sedikit Rp 1 miliar dalam setahun. Kedua, disampaikan setiap tahun sesuai periode penyampaian data keuangan untuk saldo rekening per 31 Desember setiap tahunnya.

Baca selengkapnya di sini

2. Izin Usaha AXA Life Indonesia Dicabut, Bagaimana Nasib Nasabahnya?

Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.