Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Tenggat, Masyarakat Mulai Padati KPP untuk Laporkan SPT Pajak

Kompas.com - 28/03/2018, 09:38 WIB
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan memantau terjadi peningkatan jumlah Wajib Pajak (WP) Orang Pribadi yang berdatangan ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP).

Hal ini terjadi beberapa hari belakangan, menjelang tenggat masa pelaporan SPT pajak tahun 2017 untuk Orang Pribadi yang jatuh pada 31 Maret 2018.

(Baca: Pekan Terakhir Lapor SPT Pajak, Hari Sabtu KPP Tetap Buka)

"Di KPP memang semakin banyak yang antre, karena berdasarkan data SPT, terdapat sekitar 20 persen yang menyampaikan SPT secara manual," kata Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas DJP Hestu Yoga Saksama kepada Kompas.com pada Selasa (27/3/2018) malam.

Yoga mencatat, sampai Selasa sore, sudah ada 8,6 juta laporan SPT yang masuk ke sistem mereka. Artinya, masih ada sekitar 9,4 juta WP Orang Pribadi yang masih dapat melaporkan SPT mereka hingga tiga hari ke depan karena total WP yang wajib lapor SPT sejumlah 18 juta.

Yoga kembali mengingatkan agar WP memanfaatkan fasilitas pelaporan secara online via e-filing. Bila WP memilih untuk lapor secara manual, pihaknya menyediakan waktu ekstra untuk waktu operasional di hari Sabtu (31/3/2018) nanti.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Pajak Robert Pakpahan berharap tingkat kepatuhan pelaporan SPT kali ini meningkat hingga 80 persen. Adapun pada tahun sebelumnya, untuk pelaporan SPT pajak tahun 2016, tingkat kepatuhan WP mencapai 72 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com