Begini Tips Pintar Mengatur Finansial buat Generasi Milenial

Kompas.com - 05/04/2018, 13:40 WIB
Perencana keuangan Prita Gozhie (tengah) dan Digital Banking Value Proposition and Product Head PT BTPN, Irwan Sutjipto Trisnabudi (kanan) dalam Talkshow Kompas.com dan BTPN Jenius bertema Cara Pintar Atur Finansial di Jakarta (2/2).
Dok Kompas.com Perencana keuangan Prita Gozhie (tengah) dan Digital Banking Value Proposition and Product Head PT BTPN, Irwan Sutjipto Trisnabudi (kanan) dalam Talkshow Kompas.com dan BTPN Jenius bertema Cara Pintar Atur Finansial di Jakarta (2/2).

BANDUNG, KOMPAS.com – Di dunia ini memang tidak ada yang gratis, semua membutuhkan biaya dan uang untuk mendapatkan yang kita inginkan. Seperti makan, jalan-jalan, hingga menikah dan berkeluarga. Lalu apa yang harus dilakukan untuk mencapai kesejahteraan itu, tentu dengan mengatur finansial kita.

Perencana dan Edukator Keuangan Prita Ghozie membagikan tips-tipsnya dalam acara "Jenius: Cara pintar Atur Finansial" kepada para peserta yang sebagian besar generasi milenial, di Kota Bandung, Rabu (5/4/2018) malam.

Langkah pertama untuk hidup sejahtera menurut Prita yakni mengatur keuangan kita, hal ini dilakukan untuk memperbaiki keuangan kita dengan harapan dapat meraih impian yang dimiliki.

“Untuk menghadapi kehidupan yang penuh resiko maka kita harus pintar mengatur finansial kita,” kata Prita dalam acara yang diselenggarakan Kompas.com semalam.

Dia menjelaskan, sikap masyarakat saat mengatur keuangannya ini sebagian besar hanya memenuhi kebutuhan sehari-harinya saja, atau kebutuhan per bulannya.

Baca juga : 5 Ide Resolusi Finansial yang Perlu Anda Ambil Tahun 2018

Padahal, uang sudah dikenal manusia generasi milenial sejak kecil, hanya saja kebiasaan kita yang selalu menghabiskan uang tersebut untuk keperluan sementara seperti jajan kerap terjadi tanpa memperhitungkan keperluan jangka panjang hingga keperluan dadakan atau darurat.

“Nah ini perilaku masyarakat untuk mencapainya, ternyata 70 persen itu bisa dicapai dengan menabung (mengumpulkan uang), 42 persennya berencana dia menyusun rencana keuangan, dan 38 persennya dia kerja dapat uang supaya bisa mencapai itu semua,” katanya.

Dengan cara seperti ini saja, mungkin bisa terjadi namun kemungkinan keberhasilannya belum berat. Perlu upaya lebih untuk mengatur finansial kita sehari-hari.

Pasalnya hobi generasi milenial yang kerap bermain seperti nonton konser dan ber swa foto juga membutuhkan biaya.

“Hobi milenial itu nonton konser,atau kebahagiannya tercermin dari selfie dimana. Jadi kekayaan mereka bukan dari mobil lagi tapi di akun medsos. Dan untuk mendapatkan itu semua tetap membutuhkan biaya, jadi biaya hidup itu murah biaya pamer itu mahal,” lanjut Prita.

Banyaknya pengeluaran kerap menguras uang di dompet hingga rekening, namun semua itu bisa diatasi dengan mengatur finansial kita, yakni salah satunya dengan mengendalikan pengeluaran kita.

“jadi enggak masalah berapa gaji kita, karena pengendalian itu datangnya dari pengeluaran. Kalau pengendalian datangnya dari gaji yang kita punya susah,” jelasnya

Rezeki itu tidak akan tertukar atau salah kamar, namun yang berbeda adalah bagaimana mengatur rezeki yang kita miliki.

Halaman Berikutnya
Halaman:



Close Ads X