Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Jajaki Kerja Sama dengan Toko Modern Arab Saudi

Kompas.com - 10/04/2018, 13:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -  Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Jeddah menjajaki kerja sama dengan Danube Company Ltd, salah satu toko modern besar di Arab Saudi.  Hal ini merupakan proyek percontohan peningkatan perdagangan di sektor ritel antara Indonesia dan Arab Saudi.  

"Kerja sama yang merupakan proyek percontohan ini bertujuan mendapatkan kemudahan memasuki pasar Arab Saudi dan meningkatkan penetrasi produk Indonesia ke Arab Saudi melalui jaringan ritel Danube Company Ltd. Nantinya diharapkan dapat meningkatkan ekspor nonmigas Indonesia ke Arab Saudi secara signifikan," ucap Kepala ITPC Jeddah Gunawan dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (10/4/2018).

Gunawan mengatakan, kerja sama dengan toko modern Danube ini dilakukan karena lokasi yang berada di kawasan Haramain di Makkah dan Madinah yang selalu ramai dikunjungi jemaah haji dan umrah dari Indonesia untuk membeli barang-barang kebutuhan sehari-hari.

"Wilayah Haramain mempunyai captive market yang besar bagi produk Indonesia. Lebih dari 1,2 juta orang jemah haji dan umrah berkunjung ke tempat ini setiap tahunnya," sebutnya.

Baca juga: Ekspansi ke Arab Saudi, Kimia Farma Akuisisi Dawaa

Hingga saat ini ITPC Jeddah dan Danube Company Ltd. telah melakukan pertemuan bisnis sebanyak dua kali. Pertemuan pertama berlangsung pada 22 Maret 2018 di Kantor Danube Company Ltd. di Jeddah, Arab Saudi.   Pertemuan kedua berlangsung pada 25 Maret 2018 juga berlangsung di tempat yang sama.

Menurut Gunawan, Danube juga menyampaikan ketertarikannya berinvestasi di bidang perhotelan dan pariwisata di Provinsi Bali yang merupakan destinasi wisata dunia.

Danube juga tertarik dengan jasa tenaga kerja professional dari Indonesia, khususnya yang mempunyai kompetensi sebagai tenaga profesional perhotelan, akuntan, kasir, tenaga Production Planning and Inventory Control (PPIC), serta tenaga terampil potensial lainnya.
 
Sementara itu, Konsul Jenderal RI Jeddah M Hery Saripudin mengatakan bahwa kerja sama ini merupakan bentuk dari inovasi dan kreativitas dalam meningkatkan nilai transaksi perdagangan Indonesia di Arab Saudi.

Danube sendiri memiliki 66 cabang toko modern yang tersebar di wilayah Jeddah, Makkah, Madinah, Taif, Jizan, Abha, Riyadh, Dammam, Khamis Muscat, dan kawasan bandara di Arab Saudi.

Selain itu juga mempunyai bisnis di bidang perhotelan, tersebar di Makkah, Jeddah, dan Madinah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+