Kompas.com - 13/04/2018, 05:47 WIB
SPBU KOMPAS.com/StanlySPBU

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) mengklaim jual rugi Pertalite biarpun baru menaikkan harga sebesar Rp 200/liter pada 24 Maret 2018 lalu.

(Baca: Pertamina Mengaku Rugi Jual Pertalite)

Menanggapi klaim tersebut, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Djoko Siswanto yang menyebut Pertamina tidak akan rugi jual Pertalite. Dengan batas margin minimal 5 persen saja, Pertamina sudah bisa balik modal jual BBM dalam waktu 20 hari.

"Nggak mungkin (rugi). Karena ini dianggap pasar, turunin harga pasar dia. Rantai distribusi terlalu besar. Kita bisa marginnya dibatasi 5 persen. Artinya apa? Dalam waktu waktu 20 hari untungnya sudah 100 persen. Bisnis apa yang menggiurkan begitu?" kata Djoko sebagaimana dikutip dari Kontan.co.id, Jumat (13/4/2018).

Bahkan jika Pertamina jual BBM dengan margin 1 persen pun, Djoko yakin Pertamina masih bisa untung. Pasalnya volume BBM yang dijual Pertamina mencapai julaan kilo liter (KL).

"Sebesar 1 persen kalau volumenya jutaan, hitung berapa? Dia mengeluh karena harga pasarnya 5-10 persen keuntungannya. Mereka (Pertamina) tetap untung, ada cost efisiensi. Mana ada dia rugi,"tegas Djoko.

Apalagi, menurut Djoko, Pertamina masih bisa memberikan dividen ke pemerintah selaku pemegang saham dari bisnis Pertamina di luar BBM sebesar Rp 12,1 triliun pada tahun 206. Ini berarti, Pertamina masih mendapatkan keuntungan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dividennya cek Google, berapa triliun? Rp 12,1 triliun, rugi apa untung? Belum bonus sama gaji karyawan, kantornya saja mewah-mewah. Apa dia bilang rugi? Dividen kan artinya kan masih bisa untung. Ini jelas angkanya," kata Djoko.

 

Berita sudah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Pertamina akui rugi jual pertalite, ESDM: Tidak mungkin

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.