Belanja Modal Google Naik Tiga Kali Lipat, Buat Apa? - Kompas.com

Belanja Modal Google Naik Tiga Kali Lipat, Buat Apa?

Kompas.com - 24/04/2018, 17:06 WIB
Ilustrasi GoogleSPENCER PLATT/AFP Ilustrasi Google

NEW YORK, KOMPAS.com - Belanja modal atau capital expenditure (capex) Google pada kuartal I 2018 ini meningkat tiga kali lipat, yaitu 7,67 miliar dolar AS di tahun 2018, dari 2,40 miliar dolar AS di kuartal yang sama tahun 2017.

Sementara di kuartal IV 2017 lalu, Google menggunakan 3,80 miliar dolar AS untuk mengembangkan bisnisnya.

Lonjakan pendapatan ini, menurut CFO Google Ruth Porat dikutip melalui CNBC, adalah "Bentuk komitmen Google untuk terus bertumbuh."

Lebih jauh Porat menjelaskan pengembangan pusat data dan fasilitas penunjang lain merupakan dua hal yang paling dominan dalam penggunaan dana pengembangan bisnis.

Selain itu, Google pada Maret 2018 lalu juga melakukan akuisisi senilai 2,4 miliar dolar AS untuk Chelsea Market New York.

Baca juga : Google Larang Iklan Mata Uang Virtual, Harga Bitcoin Kembali Jatuh

"Penggunaan dana pengembangan oleh Google sebagian besar didominasi proses akuisisi Chelsea Market," ujar Porat, seperti dikutip dari CNBC

"Kami juga melakukan investasi untuk mengembangkan pusat data dan meningkatkan kapasitas jaringan melalui kabel bawah laut," tambahnya.

Sebagai informasi, induk perusahaan Google, dalam laporan pendapatan kuartal pertamanya melaporkan pendapatan senilai senilai 31,15 miliar dolar AS melampaui estimasi Wall Street senilai 30,29 miliar dolar AS.

Sebelumnya, analis juga telah memprediksi capex Alphabet untuk seluruh anak perusahaan sejumlah 3,5 miliar dolar AS.

Baca juga : Unilever Ancam Stop Beriklan di Google dan Facebook, Mengapa?

Kompas TV Rute khusus sepeda motor diperkenalkan di Jakarta, Selasa (20/3). Fitur ini berlaku untuk pengguna Gmaps di seluruh Indonesia.


SumberCNBC

Komentar
Close Ads X