Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur BI Optimistis Inflasi Tetap Terjaga

Kompas.com - 18/05/2018, 16:41 WIB
Mutia Fauzia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengatakan, kondisi perekonomian Indonesia secara umum membaik ditunjukkan dengan inflasi yang terus terjaga.

"Kalau kita lihat inflasi, inflasi kita terjaga. Bahkan kita sudah lakukan survei minggu ketiga bulan Mei inflasi berada pada kisaran 0,22 persen, itu secara tahunan adalah 3,24 persen," ujarnya ketika ditemui awak media di Masjid Bank Indonesia, Jumat (18/5/2018).

Sehingga sebut dia, jika inflasi hingga akhir 2018 berada pada kisaran 3,5 persen, Indonesia masih berada pada posisi yang aman. Langkah-langkah yang diambil pemerintah dalam pengendalian inflasi pun dinilainya sudah tepat.

Namun dia mengakui adanya tekanan dari neraca perdagangan yang mengalami defisit hingga 1,63 miliar dollar AS, sehingga perlu dilakukan usaha yang lebih untuk menyesuaikan neraca pembayaran.

Baca juga: Sri Mulyani: Pemerintah Antisipasi Dampak Pelemahan Rupiah terhadap Inflasi dan Subsidi BBM

"Tapi kami paham rencana pemerintah untuk memberikan perhatian kepada ekspor dan investasi. Juga koordinasi (dengan pemerintah) kita lakukan untuk menjaga tantangan jangka pendek," ucapnya. 

Mengenai rupiah yang hingga saat ini masih terdepresiasi, Agus beranggapan merupakan dampak kondisi perekonomian Amerika Serikat yang terus menguat. Ditandai dengan ekspektasi pasar terhadap kenaikan suku bunga The Fed hingga tiga kali ditahun ini, diiringi dengan kenaikan yield US Treasury bond.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com