Dampak Ekonomi Asian Games ke Ekonomi Indonesia Capai Rp 45 Triliun

Kompas.com - 31/05/2018, 06:35 WIB
Ketua Kamar Dagang dan Industi (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani di Menara Kadin, Jakarta, Selasa (6/3/2018). KOMPAS.com/ PRAMDIA ARHANDO JULIANTOKetua Kamar Dagang dan Industi (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani di Menara Kadin, Jakarta, Selasa (6/3/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyelenggaraan Asian Games 2018 diprediksi bisa mendatangkan dampak ekonomi yang besar bagi Indonesia.

Ketua Kadin Indonesia Rosan P Roslani mengatakan, berdasarkan data Bappenas, sumbangsih Asian Games pada pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar Rp 45 triliun.

"Ini berdampak signifikan ke dunia usaha. Dampaknya menurut Bappenas Rp 45,1 triliun," ujar Rosan di Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (30/5/2018).

Baca: 15 Perusahaan Lokal Terpilih Bikin Merchandise Asian Games 2018

Meski pelaksanaan acara hanya di Jakarta dan Palembang, namun dampaknya meluas ke seluruh Indonesia. Terutama bagi usaha kecil menengah yang terlibat dalam produksi souvenir khas Asian Games.

Saat ini, ada 17 perusahaan yang berpartisipasi sebagai pemegang lisensi resmi. Sebanyak 15 di antaranya adalah perusahaan lokal.

"Kami libatkan dunia usaha, dorong daya beli. Semua terlibat, makanan minuman, transportasi, jasa," kata Rosan.

Rosan mengatakan, sektor konsumsi menyumbang porsi terbesar dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Sebesar 53-54 persen di antaranya berasal dari konsumsi rumah tangga. Dengan adanya Asian Games, maka konsumsi rumah tangga akan meningkat dan berdampak signifikan bagi pertumbuhan ekonomi.

Yang terpenting, kata Rosan, acara ini bisa banyak menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat lokal.

"Perusahaan dan UMKM mendorong produksi, hire tenaga kerja. Memang hanya event olahraga, tapi dampaknya luar biasa meliputi semua industri, semua lapisan, dan pemangku kepentingan," kata Rosan.

Rosan mengatakan, dengan adanya event tersebut, infrastruktur Indonesia juga bertumbuh signifikan. Menurut dia, jika bukan karena Asian Games, mungkin pembangunan MRT akan molor dan renovasi GBK tidak sehebat saat ini.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X