Menhub: Baru 50 Persen Bus di Pulo Gebang yang Lakukan "Ramp Check"

Kompas.com - 04/06/2018, 09:36 WIB
Menhub kunjungi terminal Pulo Gebang pantau kesiapan mudik, Minggu (3/6/2018) STANLY RAVELMenhub kunjungi terminal Pulo Gebang pantau kesiapan mudik, Minggu (3/6/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebutkan baru ada 7.000 unit bus yang diuji kelayakan atau ramp check di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur.

Adapun saat ini, jumlah bus yang ada di terminal paling besar di Asia Tenggara itu mencapai 14.000 unit atau lebih banyak dari tahun lalu, 10.000 unit.

"Ramp check baru 50 persen, makanya saya minta dalam seminggu ini Pak Andri (Kadishub DKI) dan Pak Dirjen (Udara) harus meningkatkan menjadi minimal 80 persen," ucap Budi Karya di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Minggu (3/6/2018).

Budi Karya menegaskan, dirinya konsisten terhadap ramp check tersebut. Hingga sepekan ke depan, 80 persen bus di Terminal Pulo Gebang harus sudah diuji kelayakannya.

Baca juga: Menhub: Candaan Bom Itu Bukan Candaan yang Lucu

Ramp check itu sendiri meliputi pemeriksaan nomor rangka mesin, ban, rem, dan kelengkapan lainnya.

Selain itu, dia pun menegaskan tak akan memberi izin operasi bagi bus yang gagal lulus ramp check.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Apabila uji kelayakan enggak lulus ya enggak bisa ikut. Saya sudah mengirim surat ke kapolres-kapolres melalui kapolda dan sudah kirim surat ke pemda-pemda untuk melakukan razia bagi bus yang tidak lulus ramp check enggak boleh beroperasi," ucap Budi Karya.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.