Kompas.com - 07/06/2018, 09:00 WIB
Ilustrasi ATM milik bank-bank nasional KOMPAS/PRIYOMBODOIlustrasi ATM milik bank-bank nasional

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah bank swasta dan BUMN telah mempersiapkan sejumlah langkah dalam menghadapi libur Lebaran 2018.

Karena hari libur kali ini lebih panjang dari tahun lalu, persiapannya sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya.

Setidaknya ada lima bank yang telah memaparkan kesiapannya menjelang hari raya Idul Fitri di hadapan Komisi XI DPR RI. Mereka adalah BRI, BCA, Bank Mandiri, BNI, dan CIMB Niaga. Masing-masing pimpinan bank tersebut menyampaikan hal yang mereka siaokan mulai dari penyediaan uang tunai, pelayanan kantor cabang, dan lain-lain.

Bank Central Asia (BCA)

Selama libur Lebaran tahun ini, BCA menggelontorkan dana tunai sebesar Rp 45 triliun yang akan disalurkan ke mesin ATM dan tempat penukaran uang.

Direktur Bank BCA Erwan Yuris Ang mengatakan, sebanyak 17.000 ATM BCA tetap beroperasi sebagaimana hari sebelumnya. Hanya saja, untuk kantor cabang, BCA tidak beroperasi sepenuhnya. Pada 11-12 Juni, sebanyak 106 kantor BCA beroperasi terbatas. Kemudian, pada tanggal 19-20 Juni, sebanyak 136 kantor cabang yang beroperasi terbatas.

Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

BRI menyediakan uang tunai sebesar Rp 62 triliun untuk didistribusikan selama libur Lebaran. Uang tersebut akan disalurkan ke seluruh titik unit kerja, posko, dan 24.283 ATM.

Direktur Utama PT BRI Suprajarto mengatakan, mulai cuti bersama pertengahan Juni 2018, sebanyak 229 unit kerja BRI tetap beroperasi. Bahkan, pada hari H Lebaran hingga dua hari setelahnya 229 unit kerja itu tetap buka. BRI juga mempersiapkan 220.000 agen bank BRI di seluruh wilayah Indonesia.

BRI juga mengerahkan bus khusus yang melayani aktivitas oerbankan nasabah. Di bus tersebut tersedia mesin ATM serta customer service dan teller yang melayani nasabah. Ada pula 412 teras mobile yang ukurannya lebih kecil daripada bus.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.