Uang Kripto Korea Selatan Diretas, Harga Bitcoin Terjun Bebas - Kompas.com

Uang Kripto Korea Selatan Diretas, Harga Bitcoin Terjun Bebas

Kompas.com - 13/06/2018, 07:00 WIB
Cryptocurrency on a circuit boardThinkstockphotos.com Cryptocurrency on a circuit board

NEW YORK, KOMPAS.com - Bitcoin (BTC) jatuh ke level terendah dua bulan pada hari Selasa (11/6/2018), khawatir terhadap regulasi dan keamanan yang menyimpang setelah peretasan mata uang Korea Selatan pada akhir pekan, Coinrail.

Mengutip Reuters dari Kontan.co.id, mata uang virtual asli ini mendekati level terendah tahun ini hingga di bawah 6.000 dollar AS per BTC pada platform Bitstamp. Nilainya telah longsor ke titik terendah di bawah 6.500 dollar AS per BTC dan terakhir diperdagangkan turun 4,7 persen pada 6.551,48 dollar AS per BTC.

Sejak awal tahun bitcoin sudah anjlok hampir 53 persen, setelah melonjak lebih dari 1.300 persen tahun lalu.

Pada hari Minggu, Coinrail, matauang kripto relatif kecil di Korea Selatan, terkena peretasan siber. Akibatnya, sekitar 30 persen koin yang diperdagangkan di bursa lenyap. Mesti tidak mengungkapkan nilainya, media Korea Selatan Yonhap memperkirakan nilai uang kripto yang hilang mencapai 40 miliar won (37,28 juta dollar AS).

Kabar peretasan terbaru itu mendorong penurunan kapitalisasi pasar uang kripto hingga lebih dari 40 miliar dollar AS pada hari Minggu. Bitcoin sendiri menurun hampir sebesar 1.000 dollar AS.

"Bitcoin dalam keadaan hampa likuiditas saat ini. Volume pertukaran crypto sekarang di bawah 5 miliar dollar AS per hari, tingkat terendah sejak November 2017," kata Mati Greenspan, analis pasar senior dari Israel, di eToro, kepada Reuters.

"Karena aktivitas perdagangan sangat rendah, bahkan sejumlah kecil tekanan dapat menggerakkan harga cukup drastis. Mirip seperti jika Anda memukul bola bisbol di luar angkasa," tambahnya.

Mata uang digital lain juga menurun, seolah menaruh simpati pada bitcoin. Ethereum, uang kripto terbesar kedua berdasarkan nilai pasar, turun 5 persen selama 24 jam terakhir menjadi 496,07 dollar AS. Adapun uang virtual terbesar ketiga, Ripple, turun 4,3 persen menjadi 0,55 dollar AS.

Korea Selatan adalah salah satu pusat perdagangan matauang kripto utama dunia dan merupakan rumah bagi salah satu pertukaran koin virtual yang paling banyak diperdagangkan, Bithumb. (Hasbi Maulana)

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Harga bitcoin ambrol terimbas kabar peretasan uang kripto Korea Selatan


Close Ads X