Menhub Pastikan Keamanan Kapal Penumpang di Muara Angke

Kompas.com - 20/06/2018, 12:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Dermaga Kali Adem, Pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara, Rabu (20/6/2018) pagi.

Sidak tersebut dilakukan Budi Karya untuk melihat bagaimana penerapan regulasi keamanan pada kapal-kapal yang hendak berlayar ke Kepulauan Seribu.

"Hari ini saya sengaja sidak untuk melihat bagaimana ketaatan teman-teman di lapangan melaksanakan regulasi keselamatan di Kaliadem," ucap Budi.

Dalam sidak tersebut, Budi Karya memeriksa kondisi kapal motor penumpang (KMP) Makmur Jaya Express yang hendak bertolak ke Pulai Pari dan Pulau Pramuka.

(Baca: Kapal Tenggelam di Danau Toba, Ini Kata Menhub)

Tak hanya itu, dia juga kemudian memeriksa keadaan penumpang di dalam kapal tersebut. Mantan Direktur Utama Angkasa Pura II itu meminta para penumpang mengenakan life jacket karena merupakan salah satu standar keselamatan yang mesti dipenuhi.

"Secara umum, teman-teman di Kaliadem ini sudah melaksanakan dengan baik. Indikatornya tadi saya lihat ada KIR-nya, kemudian dilakukan ramp check, dan ada surat izin berlayar atau SIB," imbuh Budi Karya.

Kemudian, terkait dengan penggunaan life jacket, Budi Karya mengimbau agar seluruh penumpang menggunakannya selama berada di dalam kapal.

Pasalnya, masih terlihat beberapa penumpang yang enggan menggunakan life jacket dengan alasan panas.

(Baca: Pengawasan Standar Keselamatan bagi Kapal Penumpang Akan Diperketat)

"Makanya saya minta buat KSOP Pelabuhan, Dishub, dan kepolisian untuk terus mengawasi itu serta soal kapasitas penumpang," sambung Budi Karya.

Untuk itu, Budi Karya mengimbau kepada semua pihak di Kali Adem dan para penumpang untuk mentaati prosedur keselamatan yang ada.

"Itu merupakan sebuah keharusan. Jadi, jangan kalian mau senang-senang tapi karena sekali lalai malah berakibat fatal," ujarnya.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.