Larangan Terbang ke Eropa Dicabut, Maskapai Indonesia Bersiap

Kompas.com - 21/06/2018, 14:15 WIB
Ilustrasi pesawat rebelcircus.comIlustrasi pesawat

JAKARTA, KOMPAS.com - Uni Eropa akhirnya mencabut larangan terbang untuk semua maskapai penerbangan Indonesia ke wilayah mereka. Sebelumnya, sejak tahun 2017 lalu, sejumlah maskapai penerbangan Indonesia dilarang mengangkasa ke wilayah Uni Eropa.

Pihak maskapai penerbangan dalam negeri menyambut baik keputusan tersebut. Misalnya Lion Air yang bakal memanfaatkan momentum ini sebaik mungkin. Managing Director Lion Air Group Daniel Putut mengatakan, setelah menganalisa pasar Eropa, pihaknya segera melakukan evaluasi.

Lion Air juga akan menggandeng agen-agen di Eropa.

“Evaluasi akan menentukan untung tidaknya membuka rute ke Eropa ini,” katanya, Rabu (20/6/2018).

Baca juga: Ini Rahasia Indonesia di Balik Pencabutan Larangan Terbang Uni Eropa

Lion Air Group saat ini sudah memiliki tiga pesawat berbadan lebar atau wide body. Ketiga pesawat itu terdiri dari dua unit Airbus A330 yang ditempatkan di Indonesia dan Thailand, serta satu unit Boeing 747 (jumbo jet) di Indonesia. 

Menurut Daniel, Lion Air Group perlu mempersiapkan beberapa hal untuk membuka rute ke Eropa. Yaitu mengenai perjanjian bilateral dan dukungan pemerintah.

“Target penumpang sekitar 300.000,” sebutnya.

Setali tiga uang dengan Sriwijaya Air Group yang juga masih melihat peluang pembukaan rute baru ke Uni Eropa pasca pencabutan larangan terbang. Corporate Communication Sriwijaya Air Group Agus Soedjono  menyampaikan kemungkinan rencana ekspansi Sriwijaya Air  membuka rute ke Eropa.

Namun menurut dia, pihaknya perlu melakukan berbagai persiapan. Mulai dari sumber daya manusia seperti pilot, pramugari, serta armada berbadan lebar atau wide body. Lalu juga infrastruktur pendukung, sampai potensi pasar.

“Kami harus menghitung banyak aspek untuk untuk hal ini dan banyak yang harus kami pertimbangkan,” katanya, Rabu (20/6/2018).

Baca juga: Cegah Pencurian Bagasi, Maskapai Wajib Periksa Baggage Tag

Sampai saat ini, Sriwijaya Air Group belum mulai mengkaji terkait rencana ekspansi rute Jakarta-Eropa. Namun, Agus senang Eropa menghapus larangan terbang semua maskapai penerbangan Indonesia ke wilayah itu.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X