Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GMF Berencana Bangun Bengkel Pesawat di Batam

Kompas.com - 04/07/2018, 09:38 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Garuda Maintenance Facility AeroAsia Tbk (GMF) berencana membangun bengkel untuk perbaikan pesawat di Batam, Kepulauan Riau. Saat ini, GMF tengah menggodok rencana bisnisnya bersama dengan partner mereka.

"Ya kita sekarang sedang merampungkan business plan dengan partner kita dan kita saat ini juga sedang dibantu pemerintah melalui Kemenperin yang kolaborasi dengan Kemenkeu untuk memberikan allowance seperti tax holiday kepada partner kami," kata Direktur Utama GMF Iwan Joeniarto di Jakarta, Selasa (3/7/2018).

Selain pemerintah pusat, Otoritas Batam juga membantu dengan memberikan kemudahan lainnya seperti perizinan.

Menurut Iwan, segala macam kemudahan seperti tax holiday dan perizinan tersebut akan menjadi intensif tersendiri bagi partner GMF dalam rencana pembangunan bengkel pesawat.

"Kami usahakan tahun ini bisa terealisasi. Saat ini sedang dibantu pemerintah untuk memberikan beberapa allowance," imbuhnya.

Namun demikian, Iwan masih belum membocorkan berapa nilai investasi yang digelontorkan GMF untuk pembangunan bengkel pabrik tersebut.

Dia hanya memastikan bahwa investasi tersebut merupakan kolaborasi dengan partner-nya yang saat ini masih dalam perhitungan.

"Sedang dihitung dan akan hire konsultan untuk membuat appraisal nilai pembangunan hanggar. Jadi saya belum bisa pastikan nilainya karena masih akan mau diappraisal. Kira-kira dari GMF enggak lebih dari 40 persen nilai investasinya. Selebihnya itu partner kita lah," tandas Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com