Lion Air Langgar Prosedur hingga Kebutuhan Dana untuk Buka Gerai Alfamart jadi Berita Populer

Kompas.com - 29/08/2018, 07:46 WIB
Ilustrasi KOMPAS/ANDY RIZA HIDAYATIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aksi Neno Warisman yang menggunakan mikrofon pesawat Lion Air dalam perjalanan dari Pekanbaru Riau ke Jakarta, dikritik oleh berbagai pihak.

Terkait dengan hal itu, Kementerian Perhubungan menyatakan bahwa Lion Air melanggar prosedur. Berita mengenai mikrofon pesawat untuk keperluan di luar penerbangan ini menjadi yang terpopuler di EKonomi Kompas.com sepanjang hari kemarin, Selasa (29/8/2018).

Berita lainnya adalah tentang biaya yang diperlukan untuk bisa membuka gerai Alfamart. Berikut rekap berita terpopuler sepanjang hari kemarin:

1. Kemenhub: Lion Air Langgar Prosedur karena Izinkan Neno Warisman Pakai Mikrofon Pesawat

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara menyatakan pengumuman di pesawat hanya boleh disampaikan oleh kru kabin. Hal ini disampaikan menyikapi video yang menampilkan salah satu penumpang Lion Air JT 297 Pekanbaru-Jakarta, Neno Warisman, memberikan pengumuman kenapa dirinya ditolak massa di Pekanbaru menggunakan Public Address System (PAS) di dalam pesawat. Berita selengkapnya, klik di sini.

2. Ingin Punya Gerai Alfamart, Berapa Dana yang Harus Disiapkan?

Gerai ritel kian menjamur di Indonesia. Salah satu ritel waralaba yang kerap kita temui adalah Alfamart. Jika Anda tertarik memiliki toko waralaba Alfamart, syarat umum yang harus dipenuhi adalah berkewarganegaraan Indonesia, memiliki badan usaha, sudah atau akan memiliki lokasi usaha, memenuhi persyaratan perijinan, dan bersedia mengikuti sistem dan prosedur yang berlaku di Alfamart.

Lalu, berapa investasi yang dibutuhkan jika ingin bermitra dengan Alfamart? Berita selengkapnya klik di sini.

3. Gerindra Minta Bansos Dilabel "Uang Rakyat", Apa Jawaban Sri Mulyani?

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut pihaknya sudah sejak lama mengampanyekan bahwa bantuan sosial dari pemerintah berasal dari uang rakyat. Penjelasan ini disampaikan lantaran fraksi Partai Gerindra saat Rapat Pandangan Umum atas RAPBN 2019 khawatir calon presiden Joko Widodo memanfaatkan kenaikan bansos yang signifikan untuk kepentingannya dalam Pilpres 2019. Berita selengkapnya, klik di sini.

4. Neno Warisman Bicara Pakai Mikrofon Pesawat, Ini Penjelasan Lion Air

Manajemen Lion Air mengungkapkan salah satu penumpangnya, Neno Warisman, telah menggunakan mikrofon pesawat atau peralatan Public Announcement (PA) untuk menyampaikan sesuatu. Peristiwa itu terjadi pada penerbangan pesawat Lion Air JT 297 Pekanbaru-Jakarta pada Sabtu (25/8/2018) lalu dan belakangan jadi ramai karena Kementerian Perhubungan menyatakan itu sebagai pelanggaran prosedur. Berita selengkapnya, klik di sini.

5. Tarif Batas Bawah Pesawat Naik Jadi 35 Persen

Pemerintah memutuskan menaikkan tarif batas bawah untuk pesawat sebesar 5 persen menjadi 35 persen. Sebelumnya, tarif batas bawah untuk pesawat adalah sebesar 30 persen. Kenaikan tarif bawah dilakukan setelah Kementerian Perhubungan melakukan evaluasi atas permintaan maskapai penerbangan, salah satunya PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Berita selengkapnya klik di sini.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X