Nilai Bitcoin Terjun Bebas Rp 14,9 Juta dalam 24 Jam - Kompas.com

Nilai Bitcoin Terjun Bebas Rp 14,9 Juta dalam 24 Jam

Kompas.com - 07/09/2018, 12:50 WIB
Souvenir koin emas bitcoin yang dipamerkan di London, Inggris, pada 20 November 2017. AFP PHOTO/JUSTIN TALLIS Souvenir koin emas bitcoin yang dipamerkan di London, Inggris, pada 20 November 2017.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bitcoin dan mata uang kripto lainnya terus kehilangan nilai dan anjlok cukup signifikan pada Kamis (6/9/2018).

Dalam 24 jam, nilai bitcoin turun hampir 1.000 dollar AS. Sementara ethereum pun telah merosot 20 persen ke level terendah dalam waktu setahun.

Pergerakan turun mulai terjadi pada Rabu (5/9/2018) dan diperparah oleh laporan Business Insider bahwa Goldman Sachs telah menangguhkan rencana untuk membuat desk perdagangan bitcoin.

Sebagaimana dikutip dari Business Insider, aksi jual tajam yang mencengkeram pasar mata uang kripto pada Rabu lalu diperpanjang hingga hari kedua. Aset digital utama di seluruh spektrum terus turun selama perdagangan pada hari Kamis.

Tanya Abrosimova dari FXStreet berteori bahwa pengenalan proses pendaftaran untuk pertukaran bitcoin instan yang populer, ShapeShift, mungkin membuat beberapa penggunanya takut dan memicu setidaknya sebagian dari penurunan.

Bitcoin menahan nilai 4 persen lebih rendah sekitar 7.000 dollar AS per koin, sebelum jatuh lagi pada Rabu malam. Setelah sempat stabil beberapa saat, belakangan nilainya jatuh lebih dalam sebesar 1.000 dollar AS dalam hanya dua sesi perdagangan.

Sejalan dengan jatuhnya ethereum terbaru, ratusan alt-koin di situs coinmarketcap.com telah membukukan penurunan sekitar 20 persen selama 24 jam terakhir.


Close Ads X