Berita Populer: Sanksi Lion Air hingga Investor Milenial di Pasar Modal - Kompas.com

Berita Populer: Sanksi Lion Air hingga Investor Milenial di Pasar Modal

Kompas.com - 19/11/2018, 05:40 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengunjungi Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) di Curug, Kabupaten Tangerang, Minggu (18/11/2018). MURTI ALI LINGGA/KOMPAS.com Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengunjungi Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) di Curug, Kabupaten Tangerang, Minggu (18/11/2018).

1. Kemenhub: Sanksi untuk Lion Air Keluar Akhir November

Menteri Perhubungan ( Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan sanksi terhadap maskapai penerbangan Lion Air akan segera keluar akhir November 2018 ini. Keputusan tersebut imbas dari jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 di perairan Tanjung Karawang, Provinsi Jawa Barat, Senin (29/10/2018) lalu.

"Akhir November (dikeluarkan). KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi) akan memberikan result (hasil investigasi)," kata Budi Karya kepada wartawan di Tangerang, Minggu (18/11/2018).

Budi Karya menuturkan, jenis atau bentuk sanksi yang akan dijatuhkan sesuai dengan hasil investigasi KNKT. Hingga kini, pihaknya masih menunggu dan berjanji segera menyampaikannya sesegera mungkin.

Baca selengkapnya: Kemenhub: Sanksi untuk Lion Air Keluar Akhir November

2. Investasi Reksa Dana Bukan Berarti Untung Cepat

Memulai investasi di reksa dana bagaimana caranya? Apa saja yang harus dipertimbangkan? Kerap kali pertanyaan tersebut muncul di benak mereka yang tertarik namun ragu untuk memulai menabung di reksa dana. Pasalnya, instrumen untuk investasi reksa dana begitu banyak, begitu pula dengan jenis reksa dananya.

Head of Wealth Management and Retail Digital Business Bank Commonwealth Ivan Jaya menjelaskan, untuk investor yang akan memulai investasi khususnya di reksa dana sebaiknya melakukan penilaian terhadap profil risiko pribadi. Terutama, dengan kondisi pasar yang sangat dinamis seperti saat ini.

"Hal tersebut diperlukan untuk mengetahui sejauh mana seorang investor dapat menerima risiko berinvestasi di reksa dana, terutama dengan kondisi yang dinamis," jelas Ivan kepada Kompas.com.

Baca selengkapnya: Investasi Reksa Dana Bukan Berarti Untung Cepat

3. Keluarga Korban JT 610 Gugat Boeing, Menhub Sebut Itu Hak Individu

Pascajatuhnya pesawat Lion Air PK-LQP dengan nomor penerbangan JT 610 beberapa waktu lalu, salah satu keluarga korban menggugat The Boeing Company selaku produsen pesawat Boeing 737 MAX 8.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, tindakan dan upaya yang dilakukan keluarga korban jatuhnya pesawat tersebut merupakan hak individu. Pemerintah tidak akan ikut-ikutan dalam ranah ini.

"Bahwa ada yang menuntut itu hak individu. Jadi pemerintah tidak mungkin ikut dalam persepsi masing-masing," kata Budi kepada awak media di Tangerang, Minggu (18/11/2018).

Budi menyatakan, meskipun tidak ikut campur soal itu, pihaknya berkewajiban melakukan evaluasi terhadap kecelakaan pesawat yang terjadi di perairan Tanjung Karawang, Provinsi Jawa Barat, Senin (29/10/2018) lalu. Kemenhub akan melihat persoalan ini secara konstruktif atau menyeluruh.

Baca selengkapnya: Keluarga Korban JT 610 Gugat Boeing, Menhub Sebut Itu Hak Individu

4.  Investor Muda Mendominasi Pasar Modal

Pasar Modal kini mulai didominasi investor muda. Kustodian Sentral Efek Indonesia ( KSEI) mencatat, investor muda dalam rentang usia 21 - 30 tahun mendominasi pasar modal dengan persentase sebanyak 34,08 persen.

"Pertumbuhan lebih cepat berasal dari investor baru di kalangan usia muda," ujar Direktur Bursa Efek Indonesia, Hasan Fawzi dalam acara Media Gathering Pasar Modal, Jumat (16/11/2018).

Sementara, persentase jumlah investor usia 31 - 40 tahun sebanyak 25 persen, usia 41 - 50 tahun sebesar 19,16 persen. Adapun persentase investor usia 51 - 60 tahun sebesar 10,98 persen, sedangkan usia 61- 70 tahun sebanyak 4,23 persen.

Baca selengkapnya: Investor Muda Mendominasi Pasar Modal

5. Cara Berkomunikasi Ini Membuat Anda Gampang Raih Sukses

Membangun komunikasi tidak hanya sekadar bicara saja. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar komunikasi berjalan baik dan lancar.

Saat sedang berkomunikasi, kita sering kehabisan kata-kata. Hal ini sebisa mungkin harus dihindari, terutama jika sedang berada dalam forum bisnis.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membangun komunikasi yang baik. Tetapi tidak semua orang mengetahuinya.

Selagi belum terlambat, manfaatkan waktu yang dimiliki untuk melatih komunikasi menjadi lebih baik lagi dan mudah meraih sukses dengan tips-tips ini.

Baca selengkapnya: Cara Berkomunikasi Ini Membuat Anda Gampang Raih Sukses



Close Ads X