Kompas.com - 25/12/2018, 18:22 WIB
Ilustrasi bank ShutterstockIlustrasi bank

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank besar, terutama yang mempunyai modal inti di atas Rp 30 triliun atau BUKU IV siap untuk melakukan kerja sama dengan platform pembayaran asal China yaitu Alipay dan WeChat Pay.

Alipay dikabarkan telah mendekati dua bank, yaitu BCA dan BRI. Sedangkan WeChat Pay dikabarkan akan melakukan kerja sama dengan BNI dan Bank CIMB Niaga.

Lani Darmawan, Direktur Bank CIMB Niaga mengatakan saat ini kerja sama dengan WeChat terkait dengan pilot project penerimaan pembayaran WeChat Pay.

“Ini dilakukan dengan menggunakan EDC CIMB Niaga,” kata Lani, kepada kontan.co.id, Senin (24/12/2018).

Baca juga: BI: Alipay dan WeChat Pay Hanya untuk Wisatawan Mancanegara

Pilot project yang dilakukan CIMB Niaga dengan Alipay ini adalah di beberapa pusat daerah wisata seperti Bali. Anang Fauzie, GM Electronic Banking BNI mengatakan bank juga sedang melakukan uji coba transaksi di Bali dan Sulawesi Utara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Saat ini masih di-hold dulu terkait legal draft,” kata Anang, kepada kontan.co.id, Senin.

Selain dua bank ini, BRI juga telah melakukan penandatangan ota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Alipay.

BCA juga sedang menjajaki kerja sama dengan Alipay. Selain bank, merchant aggregator juga berusaha berekspansi mengembangkan merchant Alipay dan WeChat di beberapa daerah wisata seperti Bali.

Baca juga: BI Izinkan Transaksi Menggunakan WeChat dan Alipay, Ini Syaratnya

Rudy Ramli, Presiden Direktur PT Alto Halodigital International (AHDI) anak usaha switching pembayaran Alto bilang saat ini sudah mempunyai 1.500 merchant baik WeChat maupun Alipay di Bali.

“Namun untuk merchant WeChat akan kami tarik dan alihkan ke Alipay,” kata Rudy kepada kontan.co.id, Senin (24/12). Pengalihan ini disebabkan karena beberapa merchant WeChat masih menggunakan mata uang RMB.

Hal ini ilegal sebab, transaksi di Indonesia harus menggunakan rupiah. AHDI juga mengimbau merchant WeChat di Bali agar mematuhi aturan tidak menggunakan transaksi yang di luar ketentuan.

Secara teknologi, AHDI hanya menyediakan opsi mata uang rupiah dalam transaksi di merchant yang sudah melakukan kerjasama. Untuk menanggulangi hal ini, ADHI bekerjasama dengan Pemda dan BI provinsi Bali melakukan razia terhadap merchant nakal.

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Bank besar siapkan kerja sama dengan WeChat dan Alipay

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.