Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Target Pemerintah soal Jumlah Wisman Tak Tercapai, Ini Sebabnya

Kompas.com - 02/01/2019, 18:53 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Indonesia selama 2018 tak menembus target pemerintah sebesar 17 juta orang. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, sejak Januari hingga November 2018, jumlah wisman yang berkunjung ke Indonesia sebesar 14,39 juta orang.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, salah satu penyebab tak tercapainya target tersebut kemungkinan akibat sejumlah bencana alam yang terjadi di Indoensia.

"Pariwisata saya lihatnya hanya 14,4 juta (wisatawan mancanegara), salah satu penyebabnya karena bencana. Ini menurunkan minat wisman ke Indonesia. Saya lihat itu punya pengaruh yang besar," ujar Suhariyanto di kantor BPS, Jakarta, Rabu (2/1/2019).

Baca juga: Ada Asian Games dan Pertemuan IMF-Bank Dunia, Kunjungan Wisman Naik 11,63 Persen

Bencana besar beberapa kali terjadi di berbagai wilayah di Indonesia. Kawasan Nusa Tengara Barat diguncang gempa yang mengakibatkan ratusan orang meninggal dunia pada Agustus 2018.

Belum juga selesai pemulihan daerah bencana, muncul lagi gempa disertai tsunami di wilayah Palu dan Donggala pada akhir September 2018.

"Meski ada komitmen pemerintah untuk ada pembenahan segera, tapi ini membuat penurunan. Tapi bencana kan tidak bisa dicegah," kata Suhariyanto.

Baca juga: Ada Pertemuan IMF-Bank Dunia, Jumlah Wisman Oktober 2018 Justru Turun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com