Pertama dalam Satu Dekade, Google Naikkan Harga untuk Paket G Suite

Kompas.com - 17/01/2019, 09:30 WIB
Kotak wempat pensil warna-warni disusun membentuk logo Google di kantor Google Indonesia, Jakarta (28/5/2015)Oik Yusuf/ Kompas.com Kotak wempat pensil warna-warni disusun membentuk logo Google di kantor Google Indonesia, Jakarta (28/5/2015)

JAKARTA, KOMPAS.com - Google menaikkan harga untuk versi dasar perusahaan dan usaha kecil dari aplikasi G Suite, seperti Gmail dan Documents, untuk pertama kalinya.

Kenaikan harga sekitar 20 persen terjadi setelah penunjukan Thomas Kurian, mantan eksekutif Oracle, sebagai kepala divisi Cloud Google.

Melansir CNBC.com, Kamis (17/1/2019), besaran harga mulai dari 5 dollar AS hingga 6 dollar AS per pengguna per bulan untuk paket Edisi Dasar G Suite, dan mulai 10 dollar AS hingga 12 dollar AS per pengguna per bulan untuk tingkat paket Bisnis.

Tarif ini mulai berlaku pada 2 April dan membawa biaya produk Google lebih dekat ke biaya paket saingannya Microsoft Office 365.

Sementara itu harga untuk Google Edisi Enterprise akan tetap sama dan Google akan terus menawarkan akun gratis untuk pengguna non-bisnis.

Dalam sebuah posting blog yang memperkenalkan harga baru Google mengatakan bahwa selama sepuluh tahun terakhir, G Suite telah berkembang untuk menyediakan lebih banyak produk.

"Satu hal yang tidak berubah selama ini adalah harga," kata posting itu.

Sementara Google tidak membagi pangsa pasar cloud-nya atau berapa banyak bisnis yang dihasilkan. Pada Februari 2018 bahwa unit cloud secara keseluruhan telah melampaui pendapatan 1 miliar dollar AS per kuartal.

Bahkan dari jumlah itu tidak jelas berapa banyak pendapatan yang datang dari G Suite versus Platform Cloud Google. Pangsa pasar cloud publik Google secara luas dipandang tertinggal di belakang Amazon dan Microsoft.

Dalam pendapatan Q3 Alphabet, postingan tersebut melaporkan 4,64 miliar dollar AS dalam kategori "pendapatan lain", yang mencakup bisnis cloud-nya serta pendapatan app store dan penjualan perangkat keras.

Google mengatakan bahwa perubahan harga tidak akan memengaruhi kontrak atau pembaruan saat ini yang dibuat sebelum 2 April.



Close Ads X