Kompas.com - 28/01/2019, 18:01 WIB
Jemaah haji berkumpul di Jabal Rahmah, Padang Arafah, sebelah tenggara Kota Mekkah, Arab Saudi, pada Hari Arafah yang merupakan puncak Ibadah Haji, Senin (20/8/2018). Bukit yang diyakini menjadi titik temu Nabi Adam dan Siti Hawa, serta tempat diturunkannya wahyu terakhir kepada Nabi Muhammad SAW itu selalu dipadati jemaah haji untuk memanjatkan doa. AFP PHOTO/AHMAD AL-RUBAYEJemaah haji berkumpul di Jabal Rahmah, Padang Arafah, sebelah tenggara Kota Mekkah, Arab Saudi, pada Hari Arafah yang merupakan puncak Ibadah Haji, Senin (20/8/2018). Bukit yang diyakini menjadi titik temu Nabi Adam dan Siti Hawa, serta tempat diturunkannya wahyu terakhir kepada Nabi Muhammad SAW itu selalu dipadati jemaah haji untuk memanjatkan doa.

BANDUNG, KOMPAS.com – Bank BJB Syariah resmi menjadi Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS BPIH).

“Bank BJB Syariah jadi BPS BPIH yang ke-31 di Indonesia,” ujar anggota Badan pelaksana Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), Iskandar Zulkarnaen di Bandung, Senin (28/1/2019).

Iskandar menjelaskan, BJB Syariah pernah menjadi BPS BPIH. Namun pada 2014, BJBS pensiun menerima dana setoran haji dan baru tahun ini, mereka kembali menjadi BPS BPIH.

Ia berharap, setelah menjadi BPS BPIH, BJBS bisa mengelola keuangan haji. Untuk mencapainya, BJBS harus memenuhi beberapa persyaratan di antaranya rasio keuangan yang tercukupi.

“Dari 31 BPS BPIH baru 27 bank syariah yang mengelola dana haji,” imbuhnya.

Baca juga: Punya Virtual Account, Jumlah Imbal Hasil Calon Jemaah Haji akan Diketahui

Direktur Utama BJB Syariah, Indra Falatehan mengatakan, untuk tahap awal, BPKH menargetkan BJBS mendapat 5.000 jamaah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Target 5.000 bukan hal sulit untuk dicapai karena potensi haji di Jabar ada 35.000 (jamaah),” ungkap Indra.

Indra menjelaskan, ada beberapa strategi yang telah disiapkan untuk memenuhi target. Salah satunya menggandeng KBIH maupun ormas Islam.

“Kami pernah melayani setoran haji, jadi ini bukan sesuatu yang baru buat kami. Insya Allah ke depan lebih baik lagi,” ungkapnya.

Baca juga: Resmi Kelola Dana Haji, BJB Syariah Targetkan Tambahan Dana Murah Rp 1 Triliun

Januari ini, nasabah bisa menyetorkan dana haji hanya di outlet BJB Syariah. Namun mulai depan, nasabah bisa melakukan setoran haji di outlet BJB Syariah dan BJB.

Selain itu, BJB Syariah meluncurkn aplikasi Wakaf Ikhlas. Dengan aplikasi ini, pihaknya membidik generasi milenial yang berpotensi besar.

“Kami mensosialisasikan, wakaf itu mudah,” tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.