AirAsia Ogah Ikut-ikutan Terapkan Bagasi Berbayar

Kompas.com - 22/02/2019, 22:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai AirAsia Indonesia memastikan tak akan menerapkan bagasi berbayar untuk penerbangan domestik layaknya Lion Air dan Citilink.

"Sampai sekarang tidak ada alasan untuk kami untuk mengubah kebijakan itu. Kami tetap berikan free baggage allowance 15 kg," ujar CEO AirAsia Indonesia Dendy Kurniawan di Jakarta, Jumat (22/2/2019).

Ia menyebutkan, AirAsia Indonesia punya pandangan dalam melihat penerapan bagasi berbayar. Lantaran pertimbangan itu, pihaknya tak tertarik untuk mengikuti Lion Air dan Citilink.

Meskipun disebut Dendy, tak ada kebijakan yang melarang maskapai bertarif murah atau Lost Cost Carrier menerapkan kebijakan bagasi berbayar.

Baca juga: Sempat Hilang, Tiket AirAsia Muncul Kembali di Traveloka

"Dari sisi aturan kan maskapai yang full service harus memberikan free baggage sampai 20 kg, medium sampai 15 kg dan LCC sebetulnya tidak perlu memberikan baggage allowance," kata dia.

"Nah kami sejak 2015 tidak mengubah kebijakan kalau domestik memang kami masih berikan free baggage 15 kg," ucapnya.

Sedangkan untuk rute internasional, kebijakan bagasi berbayar sudah diakukan oleh AirAsia sejak lama.

Saat ini pangsa pasar AirAsia Indonesia memang lebih banyak rute internasional. Sebanyak 70 persen dari penumpang AirAsia Indonesia dapat penumpang rute internasional.

Baca juga: Gaduh soal Tiket dan Bagasi, Maskapai Diminta Beri Penjelasan kepada Publik

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.