KILAS EKONOMI

Menaker Klaim Pembangunan MRT Serap 10 Ribu Tenaga Kerja, Benarkah?

Kompas.com - 25/02/2019, 21:00 WIB
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri saat menjajal MRT dari Hotel Indonesia-Lebak Bulus-Hotel Indonesia Senin (25/2/2019). Dok. Humas Kementerian Ketenagakerjaan RIMenteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri saat menjajal MRT dari Hotel Indonesia-Lebak Bulus-Hotel Indonesia Senin (25/2/2019).


KOMPAS.com
- Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri menyatakan, sejak awal pengerjaan proyek Mas Rapid Trasportation (MRT) Jakarta telah menyerap 10.000 tenaga kerja.

"Multiplier efek adanya MRT juga sangat positif dengan terciptanya lapangan kerja dan mendukung pertumbuhan kantong-kantong ekonomi di sekitar area yang dilalui jalur MRT," ujar Menteri Hanif saat menjajal MRT dari Hotel Indonesia-Lebak Bulus-Hotel Indonesia, Senin (25/2/2019), seperti dalam keterangan tertulisnya.

Sementara itu, menyoal lapangan kerja baru yang tercipta setelah adanya MRT, Hanif mengaku belum menghitungnya secara terperinci.

Namun, kata dia, setelah MRT nanti beroperasi, diperkirakan menyerap lebih 500 orang tenaga kerja. Sedangkan untuk vendor supplier jasa keamanan dan kebersihan bisa lebih dari 1000 orang.

Baca juga: Pembangunan MRT dan LRT Sumbang Pertumbuhan Ekonomi di DKI Jakarta

"Tapi di luar itu akan muncul kantong ekonomi baru. Misalnya kos-kosan makin ramai, harga tanah makin tinggi dan warung makin tumbuh. Ini akan menambah penyediaan lapangan kerja baru," katanya.

Terkait tenaga kerja, Direktur Utama MRT Jakarta, William Sabandar menegaskan. jumlah tenaga kerja yang terserap dalam proyek MRT sekitar 550 orang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rinciannya 350 orang terlibat langsung menjalan kereta api dan 200 tenaga kerja di kantor pusat MRT. Semuanya adalah orang lokal bukan tenaga kerja asing.

"Seluruh masinis, tenaga operasi dan pemeliharaan, anak-anak muda Indonesia. Tak ada satu pun TKA," kata William yang turut mendampingi Menaker.

Adapun untuk tenaga keamanan, kebersihan dan frontline yang berjumlah sekitar 300 orang, William mengatakan pihaknya akan menggunakan jasa outsource.

Pembangunan MRT penuhi K3

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.