Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Sri Mulyani Rayakan HUT RI di Negeri Orang

Kompas.com - 17/08/2017, 13:15 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani sempat merasakan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) RI di Amerika Serikat (AS) saat menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia pada 2010-2016.

Namun kini ia bisa kembali merayakan HUT RI di negeri sendiri setelah dipercaya untuk menjabat posisi Menteri Keuangan di Kabinet Kerja sejak 2016 lalu. Sri Mulyani pun sedikit menceritakan pengalamannya itu.

"17 Agustus di Washington DC itu biasanya summer. Jadi kantor itu agak sepi karena banyak sekali yang berlibur jadi biasanya kita bisa cuti juga untuk mengikuti upacara 17-an di kedutaan," ujarnya di Jakarta, Kamis (17/8/2017).

Namun, perempuan yang kerap disapa Ani itu menuturkan, upacara 17-an di AS juga mengandung khidmat.

(Baca: Penasaran, Sri Mulyani Mau Ikut Lomba Panjat Pinang)

 

Bahkan, Sri Mulyani mengatakan salah satu anaknya sempat ikut menjadi pengibar bendera. Selain itu, ada satu hal yang membuat masyarakat Indonesia di AS begitu senang setiap tanggal 17 Agustus.

Sebab setelah upacara 17-an, Kedubes Indonesia di AS kerap menyelengarakan bazar besar.

"Masyarakat kita senang aja... ada bazar di mana banyak sekali yang berjualan masakan-masakan Indonesia," tutur Sri Mulyani.

Pada HUT RI ke-72 tahun ini, Sri Mulyani berpesan agar masyarakat dan pemerintah saling bahu membahu bekerja bersama untuk bisa mewujudkan cita-cita republik yaitu menjadi negara berdaulat dan menciptakan masyarakat adil dan makmur.

"Para pendiri bangsa kita menghantar kemerdekaan di pintu gerbang dan sekarang itu estafetnya kita pegang," kata dia.

Kompas TV Ni Nengah Widiasih, Berprestasi Meski Punya Keterbatasan Fisik

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com