Hadir di Indonesia, Agen Iklan Inggris Target Raih Laba Dalam 5 Tahun - Kompas.com

Hadir di Indonesia, Agen Iklan Inggris Target Raih Laba Dalam 5 Tahun

Kompas.com - 26/01/2018, 08:41 WIB
Agensi periklanan asal Inggris M&C Saatchi resmi beroperasi di Indonesia pada 2018 dan menargetkan keuntungan 5 juta dollar AS pada 2023. Dok. M&C Saatchi Indonesia Agensi periklanan asal Inggris M&C Saatchi resmi beroperasi di Indonesia pada 2018 dan menargetkan keuntungan 5 juta dollar AS pada 2023.

JAKARTA, KOMPAS.com - M&C Saatchi, jaringan agensi mandiri global dari Inggris, mulai beroperasi di Indonesia pada tahun ini. Perusahaan membidik laba sebesar 5 juta dollar AS (sekira Rp 66,5 miliar kurs Rp 13.306) dalam kurun waktu lima tahun.

Hal ini dipaparkan oleh Founding Partner & President Director M&C Saatchi Indonesia Anish Daryani saat merilis bisnis perusahaan di Jakarta, Rabu (23/1/2018).

Menurut dia, saat ini kapitalisasi pasar iklan Indonesia sebesar Rp 180 triliun. Sedangkan pertumbuhan iklan mencapai 14 persen.

M&C Saatchi mengincar pasar lokal serta brand internasional yang berkembang pesat di Indonesia, dengan memanfaatkan tahun politik. Dengan demikian, pada 2019 agensi ini menargetkan mencapai break even point (BEP).

Sebagai informasi, Indonesia akan menjadi negara bagian ke-24 dengan kantor cabang ke-27 di dunia untuk M7C Saatchi. Di Asia Tenggara, M&C Saatchi Indonesia akan melengkapi operasi yang ada di Malaysia dan Singapura.

"Indonesia adalah perekonomian stabil yang telah berjalan konsisten beberapa tahun terakhir ini. Dengan banyaknya bisnis rumahan yang mendorong perekonomian, inilah saat yang tepat bagi M&C Saatchi untuk diluncurkan di Indonesia," kata Daryani melalui rilis pers, Kamis (25/1/2018).

Direktur Utama Global M&C Saatchi Moray McLennan mengatakan, Indonesia adalah negara besar dengan demografik muda. Di Indonesia juga ada semangat wirausaha, dan teknologi digital makin maju.

Hal -hal itu merupakan pasar yang sesuai dan menarik bagi pihaknya. "Tantangannya adalah menemukan talent yang sesuai dengan kami,” kata dia.

Menurut McLennan, untuk bertumbuh di Indonesia diperlukan strategi pasar yang sesuai yang spesifik dengan kebutuhan pasar di Indonesia, tidak disama-ratakan dengan strategi negara lain.

Saat ini M&C Saatchi Indonesia sudah melakukan pendekatan untuk MoU dengan beberapa klien, pendekatan kontrak ekslusif dan beberapa kontrak dan perjanjian detil.

Agensi ini akan menawarkan solusi pemasaran terpadu termasuk periklanan, pemasaran media digital dan sosial, pemasaran mobilitas, pemasaran kinerja, CRM, analisis data, hubungan masyarakat dan pemasaran sosok berpengaruh atau influencer, pemasaran olahraga dan hiburan, sponsor, pemasaran pembelanja dan inovasi ritel.


EditorAprillia Ika

Komentar
Close Ads X