Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub: Transportasi Menuju dan Keluar Palu Mulai Bisa Diakses

Kompas.com - 30/09/2018, 22:12 WIB
Putri Syifa Nurfadilah,
Ana Shofiana Syatiri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Kenavigasian Direktorat Jenderal Hubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Sugeng Wibowo mengatakan, transportasi baik darat, udara, dan laut menuju dan keluar Palu sudah mulai bisa diakses.

“Transportasi darat untuk menuju dan keluar Palu sudah dapat diakses dengan kondisi yang ada,” ujar Sugeng saat konferensi pers di Kemenhub, Minggu (30/9/2018).

 

Darat

Dia menjelaskan, dari sisi kiri menuju Palu bisa diakses lewat Kota Mamuju ke Donggala. Sementara dari sisi kanan dari arah Gorontalo, Poso melalui Kebon Kopi menuju Palu. 

Berdasarkan informasi yang diterimanya, Sugeng mengatakan, di sepanjang jalan masih banyak masyarakat yang bergerombol di sekitar jalur tersebut karena masih trauma.

Baca juga: 152 Kali Gempa Susulan hingga Akses Rusak Hambat Bantuan, Ini Faktanya

 

Udara

Dari segi tranportasi udara, Sugeng mengatakan bahwa Bandar Udara Sis Al-Jufri Palu mulai dibuka untuk komersil pada Minggu (30/9/2018) secara terbatas. Namun, tetap diutamakan pesawat untuk kegiatan bantuan.

“Mulai hari ini sesuai Notam Nomor H0778/18 pagi tadi sudah dapat dimasuki pesawat komersil tetapi terbatas. Artinya, khusus untuk pesawat jenis non-jet dan baling-baling yang utama,” ucap Sugeng.

Baca juga: Bandara Palu Sudah Dibuka untuk Penerbangan Komersial

 

Laut

Sementara untuk jalur laut, Sugeng mengatakan bahwa pelabuhan Pantoloan dan Donggala sudah bisa dioperasionalkan.

“Sesuai laporan Kepala Unit Pelaksana Pelabuhan (UPP) Donggala bahwa pada prinsipnya Pelabuhan Donggala bisa dioperasionalkan dengan segala keterbatasannya,” ujar Sugeng.

Saat ini pun Kemehub tengah meluncurkan lagi bantuan kapalnya menuju Palu yakni KM Niang Besar dari Samarinda yang direncakan tiba pada Senin pukul 09.00 WITA.

“Membawa bantuan 31 jenis makanan, pakaian, genset selimut dan sebagainya,” ujar Sugeng.

Selain itu, untuk kapal kargo pun saat ini sudah bisa masuk.

Baca juga: Gempa Sulteng, Pelabuhan Pantoloan Palu Sudah Bisa untuk Bersandar Kapal

Kemehub juga tengah melakukan inventarisasi kerusakan infrastruktur transportasi akibat gempa di Palu seperti bandara maupun pelabuhan.

Sesuai arahan Menhub, pihaknya berkomitmen mempercepat perbaikan-perbaikan. Saat ini sedang dihitung dan diajukan relokasi anggaran guna mempercepat perbaikan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com