Mendag: Pedagang Jangan Pernah Lawan Kebijakan Pemerintah

Kompas.com - 10/10/2017, 14:44 WIB
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengingatkan kepada para pedagang untuk tidak mencoba membangkang kebijakan pemerintah. Salah satunya,  kebijakan harga eceran tertinggi (HET) pada komoditas beras. 

Selain itu, Mendag juga meminta kepada pengusaha untuk kompak menjalankan kebijakan HET pada beras.

"(Pedagang) jangan pernah main-main melawan kebijakan pemerintah. Dan jangan  bersikap tidak adil. Contohnya satu-dua pengusa coba-coba ambil keuntungan semaksimal mungkin di tengah pengusaha lain kurangi keuntungan," ujar Enggartiasto saat ditemui di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta, Selasa (10/10/2017). 

(Baca: Kawal HET Beras, Mendag Siap Turun Bersama Satgas Pangan dan Kementan)

Pria yang akrab disapa Enggar ini menuturkan, pedagang di Pasar Induk Beras Cipinang telah membuat kesepakatan untuk menerapkan kebijakan HET. 

Kesepakatan tersebut adalah jika salah satu pedagang menjual beras di atas harga HET maka, pedagang tersebut harus rela dikeluarkan dari Pasar Beras Induk Cipinang.

Artinya, pedagang tersebut tidak boleh berdagang lagi di lingkungan Pasar Beras Induk Cipinang. 

"Teman-teman (pedagang) kita di Cipinang ada komitmen kuat. Karena sepakat bukan ancaman dari Dirut PT Food Station, tetapi dari statement pedagang, kalau ada yg main-main keluar dari sini," jelas dia. 

Dalam hal ini, tambah Enggar, Kementerian Perdagangan juga mempunyai sanksi untuk para pedagang yang tidak menjalankan kebijakan pemerintah. Sanksinya adalah mencabut izin usaha dan izin dagangnya. 

"(Pedagang) jangan coba menyimpan beras, tahan beras di gudang, sehingga stok berkurang. Jika hal itu dilakukan maka pedagang jangan pernah berpikir bisa dagang lagi, karena izin saya cabut, saya coret izinnya. Sesudahnya  itu kami laporkan ke Bareskrim untuk ditangkap. Kami keras, karena ini untuk keadilan," pungkas dia. 

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.