Trump Pilih Tiga Kandidat Pimpinan Baru Bank Sentral AS

Kompas.com - 22/10/2017, 16:36 WIB
Presiden Amerika Serikat Donald Trump AFP PHOTO / SAUL LOEBPresiden Amerika Serikat Donald Trump
|
EditorAprillia Ika

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden AS Donald Trump menyatakan dirinya mempertimbangkan tiga orang kandidat pimpinan bank sentral AS Federal Reserve. Dua kandidat di antaranya adalah wajah baru, sementara seorang lainnya tak lain adalah pimpinan The Fed saat ini, Janet Yellen.

Kandidat pilihan Trump adalah ekonom Stanford University John Taylor dan gubernur The Fed Jerome Powell. Adapun Yellen masih dinominasikan untuk kembali menjabat pimpinan The Fed dalam periode kedua.

"Sebagian besar orang menyatakan akhirnya pilihan adalah antara Taylor dan Powell. Saya juga bertemu dengan Janet Yellen, yang sangat saya sukai," kata Trump seperti dikutip dari Bloomberg, Minggu (22/10/2017).

Trump menuturkan, dirinya akan memberikan keputusan dalam waktu yang sangat singkat. Adapun terkait penunjukkan Taylor dan Powell, Trump mengaku hal itu berdasarkan pemikirannya dan ia sangat menyukai keduanya lantaran memiliki bakat yang besar.

Trump harus memilih pimpinan dan wakil pimpinan The Fed sekaligus. Hal ini menyusul pengunduran diri Stanley Fischer pada pekan lalu.

Kedua posisi tersebut pun harus memperoleh konfirmasi dan persetujuan Senat. Trump sendiri mengaku, keputusan yang harus diambilnya sangat sulit.

Para penasihat terdekat Trump mendorong dirinya memilih antara Taylor atau Powell sebagai pimpinan baru The Fed. Pihak Gedung Putih menyatakan, Trump harus memberikan keputusan sebelum bertolak ke Asia pada November 2017.

Kompas TV Tak hanya jambul keemasan, patung ini juga menampilkan acungan jempol yang jadi ciri khas sang presiden.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X