Terungkap, Ini Pertanyaan Paling Berbahaya Saat Wawancara Kerja

Kompas.com - 14/01/2018, 13:23 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Anda sudah melewati setiap tahap wawancara kerja dengan baik. Namun, ketika Anda sudah sampai di pengujung tahapan dan tampaknya hasilnya akan memuaskan, pertanyaan paling berbahaya saat proses wawancara kerja justru kerap muncul.

Lalu, apa sebenarnya pertanyaan yang paling berbahaya tersebut? Ternyata, pertanyaannya adalah "Berapa gaji Anda pada pekerjaan sebelumnya?"

Sejumlah pakar negosiasi biasanya akan menyarankan Anda untuk menghindari pertanyaan itu apa pun alasannya. Akan tetapi, apakah benar pertanyaan soal sejarah gaji harus dihindari?

The Balance, seperti dikutip pada Minggu (14/1/2018), menyatakan bahwa sejumlah negara bagian di AS bahkan melarang perusahaan-perusahaan bertanya tentang sejarah gaji kandidat yang diwawancara. Tujuannya adalah untuk menghindari kesenjangan gaji antara pria dan wanita.

Baca juga: Kata Bill Gates, Orang Seperti Ini yang Akan Sukses dalam Pekerjaan

Namun, sebenarnya Anda tak perlu menghindari pertanyaan ini. Ambillah sejumlah langkah diplomatis agar pertanyaan berbahaya ini pada akhirnya akan terjawab dengan memuaskan.

Pertama, sebelum melamar kerja, jangan sungkan untuk mencari tahu tentang nilai pasar pekerjaan ini.

"Bukan tentang nilai Anda, tapi nilai pekerjaan yang akan Anda lamar," ujar Katie Donovan, seorang pakar negosiasi.

Setelah Anda tahu nilai pasar pekerjaan ini, kemudian bandingkan dengan keahlian dan pengalaman yang Anda miliki. Jangan pula bandingkan dengan pekerjaan sebelumnya karena pasti nilai pasarnya sudah berbeda dengan ketika Anda lamar.

Ketika Anda melamar kerja secara daring, jika Anda bisa melewatkan pertanyaan soal gaji, lewatkanlah. Namun, jika pertanyaan itu wajib dijawab, isilah dengan banyak angka nol.

Dengan demikian, Anda bisa mendiskusikannya dengan pihak perusahaan saat sesi wawancara. Jangan dengan mudah mengisi kolom gaji dengan angka yang tinggi atau berbohong.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.