Tingkatkan Daya Saing, Kemenkop Gelar Pelatihan untuk Pelaku Usaha Kopi

Kompas.com - 02/03/2018, 10:35 WIB
Ilustrasi membuat kopi dengan pour over flat bottom Rawpixel LtdIlustrasi membuat kopi dengan pour over flat bottom

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna meningkatkan daya saing dan kualitas produk kopi dari Usaha Kecil Menengah (UKM) kopi, Kemenkop dan UKM menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada Koperasi dan UKM (KUKM) pelaku usaha kopi.

Pelatihan diberikan terutama yang berkaitan Roasting Coffee atau proses sangrai kopi.

Hal tersebut dilakukan agar proses sangrai yang dilakukan pelaku UKM bisa menghasilkan kopi yang berkualitas dan memiliki cita rasa yang baik.

“Gairah para konsumen atau penikmat kopi maupun cafe-cafe kopi saat ini patut disambut gembira namun juga jadi tantangan bagi pelaku usaha alias produsen kopi khususnya UKM, bagaimana bisa menyajikan kopi dengan cita rasa tinggi,” ujar Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kemenkop dan UKM, I Wayan Dipta, melalui keterangan resmi, Jumat (2/3/2018).

Baca juga : Produksi Kopi di Bengkulu Mencapai 70.000 Ton per Tahun

Dalam pelatihan tersebut, Kementerian Koperasi dan UKM  mengundang sejumlah pihak sebagai mitra kerja sama sekaligus menjadi narasumber sesuai keahlian serta bidang masing-masing.

Wayan Dipta menegaskan, pelatihan tersebut bertujuan agar pelaku usaha bisa naik kelas atau meningkatkan kualitas, kemampuan, hingga daya saing produknya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Karena kenyataannya masih banyak koperasi dan UKM yang belum dapat tumbuh dan berkembang sebagaimana mestinya," ungkapnya.

Baca juga : Produksi Kopi Indonesia Turun, Menurut BPS karena Faktor Cuaca

Sementara itu, Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI) menyatakan, para petani kopi di Indonesia bersama dengan kementerian-kementerian terkait berencana untuk memperluas perkebunan kopi Indonesia, bersamaan dengan proses meremajakan perkebunan-perkebunan lama melalui program intensifikasi.

Dengan meningkatkan luas perkebunan, produksi kopi Indonesia dalam 10 tahun kedepan ditargetkan dapat mencapai antara 900.000 ton sampai 1,2 juta ton per tahun.

Kompas TV Puluhan barista siap melayani warga dan calon penumpang kereta api dengan memberikan kopi secara gratis.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.