Satu Rangkaian Alami Gangguan, Kereta Bandara Soekarno-Hatta Tetap Beroperasi

Kompas.com - 02/03/2018, 14:30 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengunjungi Stasiun Manggarai, Jakarta, Jumat (2/3/2018). KOMPAS.com/ACHMAD FAUZIMenteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengunjungi Stasiun Manggarai, Jakarta, Jumat (2/3/2018).
Penulis Achmad Fauzi
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan ( Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan adanya gangguan satu rangkaian kereta Bandara Soekarno-Hatta tidak menggangu operasional.

Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) ini memastikan kereta Bandara Soekarno-Hatta  tetap beroperasi.

Seperti diketahui, Kereta Bandara Soekarno Hatta sempat mengalami gangguan pada Kamis (1/3/2018) malam sekitar pukul 19.00 WIB.

Listrik di dalam kereta padam dan kereta pun terhenti saat akan berangkat dari Stasiun Batu Ceper, Tangerang menuju Stasiun Bandara Soekarno-Hatta.

Baca juga : Kereta Bandara Soekarno-Hatta Sempat Gangguan, Ini Dugaan Penyebabnya

"Tetap (beroperasi) dan sudah siap," kata dia usai meninjau kereta Bandara Soekarno-Hatta  di Stasiun Manggarai, Jakarta, Jumat (2/3/2018).

Menurut dia, saat ini terdapat lima rangkaian kereta bandara yang dioperasikan. Sehingga jika satu rangkaian kereta tidak dioperasikan, maka terdapat 4 rangkaian yang masih bisa dioperasikanm

"Kami stoknya ada banyak. Kan ada 10 rangkaian, yang kami pakai 5 rangkaian. Jadi enggak ada masalah," ungkap dia.

Evaluasi Penyebab Gangguan

Ditemui di tempat yang sama, Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri menuturkan, rangkaian kereta yang mengalami gangguan tersebut untuk sementara tidak dioperasikan.

Dia menjelaskan, rangkaian kereta tersebut nantinya akan ditempatkan di Dipo Stasiun Manggarai untuk diperiksa, sehingga diketahui penyebab pasti gangguan kereta bandara tersebut.

"Iya (rangkaian keretanya) enggak dipakai dulu. Sebenarnya, kemarin setelah padam, normal kembali dan kereta berjalan secara normal ke Dipo di Stasiun Manggarai. Keinginan kami (gangguan) tidak terjadi lagi," tutur dia.

Baca juga : Menhub ke Stasiun Manggarai Cari Penyebab Gangguan Kereta Bandara Soekarno-Hatta

Kereta bandara nantinya terdiri dari 12 rangkaian kereta yang masing-masing rangkaian memiliki 42 bangku dengan total angkut penumpang sebesar 272 penumpang.

Waktu tempuh untuk menuju Bandara Soekarno-Hatta dengan menggunakan kereta bandara diperkirakan selama 54 menit.

Adapun, Rute kereta Bandara Soekarno-Hatta adalah Stasiun Manggarai - Sudirman Baru - Duri - Batu Ceper - Bandara Soekarno Hatta.

Kompas TV Pemerintah memastikan kecepatan pembangunan infrastruktur memang dibutuhkan, dibarengi pemenuhan persyaratan keamanan infrastruktur.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X