Klaim Angkat Perekonomian Ibu-ibu di Pedesaan, Ini Indikator Amartha

Kompas.com - 22/05/2018, 20:26 WIB
Salah satu peminjam dari Amartha, Ratna Nurhayati. KOMPAS.com/AMBARANIE NADIASalah satu peminjam dari Amartha, Ratna Nurhayati.

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan peer-to-peer lender Amartha mengklaim telah mengangkat perekonomian perempuan yang tinggal di pedesaan dengan pinjaman usaha.

Jika dibandingkan dengan 2016, ada peningkatan sebanyak 46 persen pada peminjam yang memiliki penghasilan di atas Rp 1,5 juta perbulan.

Pada 2016, peminjam yang pendapatannya kurang dari Rp 1,5 juta per bulan memiliki porsi 63 persen. Pada 2017, persentasenya sebesar 55 persen.

Untuk pendapatan peminjam di antara Rp 1,5 - 5 juta perbulan pada 2016 sebanyak 21 persen. Sementara pada 2017 jumlahnya berkurang menjadi 11 persen.

Persentase peminjam dengan pendapatan di atas Rp 5 juta pada 2016 sebesar 16 persen. Pada tahun 2017, jumlahnya meningkat menjadi 34 persen.

"Jadi pembiayaan yang disalurkan bisa meningkatkan kesejahteraan," ujar CEO dan Founder Amartha, Andi Taufan Garuda Putra di Conclave Wijaya, Jakarta Selatan, Selasa (22/5/2018).

Dana yang telah digelontorkan Amartha selama 8 tahun berdiri lebih dari Rp 400 miliar. Dana tersebut mengalir ke hampir 105.000 pengusaha mikro.

Taufan mengatakan, peningkatan kesejahteraan tersebut terlihat dari beberapa indikator. Pertama, terlihat dengan adanya renovasi rumah sejumlah peminjam karena pinjaman mereka dari Amartha telah membuahkan keuntungan.

Dari data Amartha, sebanyak 44 persen peminjam mengganti lantainya dari sebelumnya tanah menjadi ubin. Kemudian, sebanyak 49 persen peminjam memiliki dinding tembok, bukan lagi papan atau bambu. Sebanyak 47 persen peminjam juga mengganti atap rumahnya menjadi lebih layak.

Selain itu, kata Taufan, bahan bakar yang digunakan juga menjadi indikator Amartha melihat tingkat kesejahteraan peminjamnya. Begitu juga dengan sumber air yang didapatkan peminjam.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X