Indonesia Hati-Hati Sikapi Perang Dagang AS-China

Kompas.com - 22/06/2018, 16:12 WIB
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita saat menghadiri halal bihalal di gedung Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Jumat (22/6/2018). KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERAMenteri Perdagangan Enggartiasto Lukita saat menghadiri halal bihalal di gedung Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Jumat (22/6/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengungkapkan Indonesia mengambil sikap berhati-hati dengan terus memerhatikan perkembangan perang dagang antara Amerika Serikat dengan China.

Menurut Enggar, belum ada hal yang pasti dari eskalasi ketegangan perdagangan di antara kedua negara tersebut, meski sudah ada pernyataan untuk menaikkan tarif impor dari kedua belah pihak.

"Kami ikuti terus prosesnya karena kebijakan itu bisa berubah setiap saat. Seperti halnya sebelum ini ada pengumuman dikenakan tarif, tapi kemudian batal, sekarang mau dikenakan lagi. Yang pasti kami akan berhati-hati," kata Enggar saat acara halal bihalal di Kementerian Perdagangan, Jumat (22/6/2018).

Meski bersikap hati-hati, Enggar menegaskan Indonesia tidak hanya berdiam diri. Mereka terus melihat peluang untuk memanfaatkan kondisi tersebut dalam arti positif, yakni dalam rangka mendongkrak perekonomian Indonesia dengan mengisi slot kosong dari dampak pengenaan bea masuk yang tinggi.

Baca juga: Perang Dagang Memanas, Neraca Perdagangan Kemungkinan Kembali Defisit

"Kalau terjadi pengenaan bea masuk yang tinggi antarnegara atau antarkedua negara, kami akan coba masuk. Dalam pertemuan membahas RCEP (Regional Comprehensive Economic Partnership) di Tokyo awal bulan depan, kami akan adakan pertemuan bilateral, termasuk dengan RRT untuk bahas kemungkinan kita lakukan ekspor," tutur Enggar.

Enggar belum menjelaskan secara detil seperti apa peluang memanfaatkan momentum perang dagang ini dengan menjalin kerja sama untuk peningkatan ekspor. Namun, dia meyakini bahwa peluang akan selalu ada sehingga pertemuan tersebut diharapkan berbuah hasil yang positif.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X