Bukukan 250.000 Dollar AS di Usia 28 Tahun, Pria Ini Punya Tips Jitu - Kompas.com

Bukukan 250.000 Dollar AS di Usia 28 Tahun, Pria Ini Punya Tips Jitu

Kompas.com - 13/08/2018, 07:05 WIB
Ilustrasi tabunganwww.shutterstock.com Ilustrasi tabungan

KOMPAS.com — Anak muda yang menetap di Minneapolis, Amerika Serikat, dengan menggunakan nama samaran Sean telah berhasil membukukan 250.000 dollar AS saat ini. Pria berusia 28 tahun ini berencana untuk pensiun dengan nyaman di usia 37 tahun nanti.

Dia menghemat sebagian besar dari gaji 80.000 dollar AS yang dia dapat dan memfokuskan penghematan 60 persennya pada tiga biaya: rumah, transportasi, dan makanan.

Seperti yang dia tunjukkan pada blognya, rata-rata orang Amerika menghabiskan 70 persen dari anggaran tahunan mereka untuk tiga biaya ini.

Baca juga: Ini Tips Investasi dari OJK untuk Investor Pemula

"Jika Anda dapat membatasi pengeluaran pada hal itu, di situlah penghematan besar akan terlihat,” katanya sepertli dilansir CNBC “Make It”.

Berikut Sean jabarkan bagaimana tips untuk menghemat pengeluaran pada tiga biaya tersebut.

1. Rumah (tempat tinggal)

Ilustrasi rumahApartementtherapy Ilustrasi rumah
“Cara konvensional menyatakan bahwa biaya ini sebagian besar di luar kendali kita dan sebaliknya kita harus menyerah kepada kekuatan pasar di mana pun kita hidup," tulis Sean di blognya, My Money Wizard. Tetapi menurutnya, kita memiliki pilihan.

Dia menghemat besar dari biaya tempat tinggal dengan membagi sewa, dan sekarang hipotek, dengan rekannya. Sampai tahun lalu, mereka membayar 640 sebulan dollar AS untuk apartemen mereka.

Setelah membeli rumah pada tahun 2017, mereka sekarang membagi pembayaran hipotek dan masing-masing membayar sekitar 740 dollar AS per bulan. Jika Anda tidak tinggal dengan pasangan, berbagi dengan teman sekamar atau keluarga dapat menurunkan biaya tempat tinggal ini.

Baca juga: Tips Makan Sehat dengan Biaya Murah

Ketika melihat untuk tempat tinggal, pastikan sesuai dengan yang dibutuhkan, jangan berlebihan.

"Jika menyewa, tanyakan pada diri sendiri apakah peralatan stainless steel benar-benar akan meningkatkan kehidupan Anda dengan cara yang berarti," tambahnya.

"Jika Anda membeli, perhatikan dengan saksama berapa banyak ruang yang benar-benar yang dibutuhkan, dan apakah halaman besar dengan pemeliharaan besar benar-benar sesuatu yang diinginkan dalam hidup,”.

Perlu diingat, jika penawaran properti sedang naik atau perhitungan secara online cukup, tidak berarti harus membelanjakan untuk membeli rumah sebanyak mungkin.

Kalkulator online yang digunakan Sean mengatakan dia mampu membeli rumah 480.000 dollar AS, tetapi dia dan rekannya membeli satu seharga 180.000 dollar AS.

"Itu beberapa ratus dolar setiap bulan yang bisa saya kumpulkan untuk tabungan saya," kata Sean.

Cara lain untuk menghemat dari sisi tempat tinggal yang mungkin tidak bisa diterapkan oleh beberapa orang, yakni pindah ke lingkaran luar kota atau kota dengan biaya tempat tinggal yang lebih murah. Itulah yang dilakukan Sean setelah tinggal di Denver, Colorado, selama dua tahun.

“Harga rumah di luar kendali di Denver yang menjadi pertimbangan ketika saya memutuskan untuk berkemas dan pergi ke utara ke Minneapolis,” ucapnya.


2. Transportasi

Ilustrasi mobil-mobilan dari kayuthinkstock/underworld111 Ilustrasi mobil-mobilan dari kayu
Biaya transportasi juga bisa jadi masalah. Pembayaran pinjaman bulanan rata-rata untuk kendaraan baru mencapai titik tertinggi yakni 523 dollar AS pada tahun 2018.

Kabar baiknya adalah, menurut Sean, belanja kendaraan jauh lebih mudah dikuasai. Dia mengemudikan truk pikap berusia 13 tahun sebelum meningkatkan ke Mazda 3, yang dia beli seharga 13.000 dollar AS dalam bentuk tunai, yang berarti dia tidak melakukan pembayaran cicilan tambahan apa pun.

"Mengambil pendekatan yang masuk akal terhadap peningkatan mobil baru adalah kunci,” ujar Sean.

Selain itu, bahan bakar juga dapat dihemat dengan “carpooling” baik dengan rekan kerja atau tetangga. Dan jika tinggal di daerah di mana transportasi umum adalah pilihan, pertimbangkan untuk menggunakannya setidaknya beberapa hari dalam seminggu. Meskipun Anda tidak dapat menghemat waktu, tapi akan sangat menghemat uang.

3. Makanan

Ilustrasi belanja onlinewww.shutterstock.com Ilustrasi belanja online
Lebih mudah untuk mengirimkan makanan langsung ke rumah, dan kebanyakan orang Amerika memanfaatkan hal itu.

Namun, dari situ tidak ada penghematan yang dilakukan, malah kehilangan uang. Orang Amerika yang biasa menghabiskan 70.000 dollar AS hanya untuk delivery dan take out food dalam hidup mereka.

"Saya cukup berjuang dengan hal ini,” akui Seaan.

“Makan di restoran adalah hal yang boros. Kemudian, ditambah makan malam mewah dengan pasangan merupakan kebiasaan yang dapat merusak anggaran makanan,” tuturnya.

Dia tidak benar-benar menghilangkan kebiasaan itu, tapi bagaimanapun juga, dia terus mengawasi dengan cermat berapa banyak yang dia habiskan untuk makan di restoran setiap bulan.

Singkatnya, jika ingin menghemat makanan, habiskan lebih banyak waktu di dapur Anda. Bacalah berbagai cara untuk menghemat dan berbelanja di toko kelontong.


Close Ads X