Kiat agar Anda Sukses dalam Wawancara Kerja

Kompas.com - 06/09/2018, 12:41 WIB
Sepatu untuk wawancara kerjaWavebreakmedia Sepatu untuk wawancara kerja

NEW YORK, KOMPAS.com - Setiap calon pekerja pasti sudah tahu bagaimana memulai wawancara kerja yakni dengan datang tepat waktu, tersenyum, dan berjabatan tangan yang ramah. Namun terkadang untuk mengakhiri wawancara kerja dengan meninggalkan kesan agar Anda menonjol dari yang lain bukan hal mudah.

Dikutip dari CNBC, co-founder dari the Jack Welch Management Institute Suzy Welch membagikan kiat-kiat andalannya agar saat wawancara kerja tidak membuat atau menghancurkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.

Menurut dia, ada satu hal yang bisa dikatakan untuk memastikan bahwa Anda akan diingat dengan cara yang baik.

Ketika melenggang keluar pintu tempat wawancara dan mengucapkan terima kasih, tekankan pada diri Anda jika "saya benar-benar menginginkan pekerjaan ini," jika perlu sampaikan secara langsung ketika wawancara akan berakhir. Otomatis, hal ini akan membuat Anda meninggalkan impresi yang kuat terhadap rekruter.

Baca juga: Tips Berpakaian saat Melakukan Wawancara Kerja

Menurut Suzy, ada 3 karakter yang selalu dicari oleh para rekruter di perusahaan, yakni:

1.Ketulusan
Menurut Suzy, ketika keluar dan mengatakan 'Saya sangat menginginkan pekerjaan ini' menunjukkan tingkat ketulusan yang layak untuk dipertimbangkan. Dia mengungkapkan, cara ini adalah bagaimana 'menyerang orang dengan cara yang benar.'

Ada alasan sederhana untuk ini, keluar dari kebiasaan menunjukkan bahwa Anda otentik, catatan Suzy menunjukkan bahwa untuk kandidat yang memenuhi syarat dan sesuai dengan pengalaman, kejujuran dalam wawancara dapat membuahkan hasil.

2. Keberanian
Tegas menyatakan bahwa Anda menginginkan pekerjaan juga membuat Anda menampilkan kekuatan pribadi Anda.

"Orang yang mendengarnya (hal itu) saja tahu, sulit mengatakannya," kata Suzy.

Hal ini membutuhkan keberanian yang luar biasa dan rekruter pasti akan mengingatnya. Seorang atasan akan menghargai karyawan yang menunjukkan keberanian di tempat kerja, apakah itu andal mengambil inisiatif atau berbicara ketika ada sesuatu yang salah.

3. Kerendahan hati
Mengakui betapa Anda menginginkan pekerjaan tersebut menunjukkan bahwa Anda tidak sombong atau terlalu percaya diri.

"Ini adalah momen Anda untuk mengakui kepada perusahaan bahwa Anda adalah pembeli dan Saya adalah penjual. Saya memahami itu,'" kata Suzy.

Berkomunikasi dengan baik dengan pewawancara karena pada akhirnya merekalah yang membuat keputusan. Tunjukkan rasa hormat Anda.

"Berikan kemampuan terbaik Anda. Dan saat di akhir proses, pastikan mereka tahu bagaimana perasaan Anda sebenarnya, tentang bagaimana Anda menginginkan pekerjaan ini," ucap Suzy.




Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X