KILAS EKONOMI

PGN Pastikan Proses Akuisisi Pertagas Sesuai CSPA

Kompas.com - 01/10/2018, 16:00 WIB
PGN terus mendukung keandalan sistem pasokan listrik di wilayah Sumatera Bagian Selatan dengan mengalirkan gas ke Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) di Talangduku, Palembang dan Lampung Dok. Humas PGNPGN terus mendukung keandalan sistem pasokan listrik di wilayah Sumatera Bagian Selatan dengan mengalirkan gas ke Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) di Talangduku, Palembang dan Lampung


KOMPAS.com
- PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) memastikan bahwa proses akuisisi terhadap PT Pertamina Gas atau Pertagas berjalan dengan baik dan sesuai dengan Perjanjian Jual Beli Bersyarat (Conditional Sales Purchase Agreement/CSPA).

Sebagai informasi proses akuisisi PGN terhadap Pertagas merupakan bagian dari tahapan pembentukan Holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Minyak dan Gas (Migas).

Pemerintah melakukan inisiatif ini untuk mendorong perekonomian dan ketahanan energi nasional. Cara melalui Holding BUMN Migas PT Pertamina yang mengakuisisi PGN. 

Pembentukan Holding BUMN Migas ini dilakukan melalui inbreng (penyerahaan harta bukan dalam bentuk uang) saham seri B milik Negara Republik Indonesia pada Perseroan ke dalam permodalan Pertamina.

Proses inbreng sendiri berjalan berdasarkan PP No.6/2018 tentang Penambahan Penyertaan Modal Negara Republik Indonesia ke dalam modal saham perusahaan Perseroan PT Pertamina.

Proses pembentukan Holding BUMN Migas dilanjutkan dengan integrasi Pertagas ke dalam PGN yang dilakukan melalui pengambilalihan saham milik Pertamina pada Pertagas. Maka dari itu, antara Pertamina dan PGN sepakat melakukan jual beli saham melalui skema CSPA.

Dalam perjanjian tersebut, PGN wajib membayar kepada Pertamina sebesar Rp 16,60 triliun untuk 51 persen dari seluruh modal ditempatkan dan disetor dalam Pertagas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

BACA JUGAAkuisisi Pertagas oleh PGN Akhirnya Rampung

Cara pembayaran transaksi dilakukan secara lunas dengan cara pembayaran akan disepakati oleh para pihak dan menjadi bagian dari Persyaratan Pendahuluan.

Merujuk CSPA, penyelesaian akan dilakukan selama 7 hari kerja setelah tanggal diterimanya Berita Acara Pemenuhan Persyaratan Pendahuluan yang ditandatangani Pihak.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.